BREAKING NEWS : Varian Omicron Diduga Masuk Sulut, 3 WNA Asal China Dikarantina di Manado

oleh -264 Dilihat
Ilustraso Omicron

MANADO – Selain mengumumkan kasus pertama Omicron di Indonesia, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga mengungkap ada 5 orang lainnya probable atau suspek tertulari varian baru Covid-19 itu.

Menkes Budi menyebut lima kasus suspek Omicron itu melibatkan warga negara Indonesia (WNI) dan warga negara asing atau WNA yang baru saja melakukan perjalanan internasional.

“Jadi belum pasti Omicron, tetapi karena kami melakukan tes PCR dengan spesifikasi khusus, istilahnya S-gene target failure (SGTF), kami mendeteksi lima kasus yang probable Omicron,” ucap Budi melalui konferensi pers melalui Zoom di Jakarta, Kamis (16/12).

Sementara itu, tiga kasus probable Omicron lainnya merupakan WNA asal China yang berkunjung ke Manado dan sekarang dikarantina di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara.

“Saat ini mereka sedang diisolasi di Manado,” ungkap Budi.

Menurut Budi hasil penelitian genom sekuensing lima suspek tersebut akan dilaporkan hasilnya dalam waktu tiga hari ke depan untuk memastikan apakah positif tertular Omicron atau bukan.

Budi mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap menjalani aktivitas seperti biasa. Yang terpenting menjaga kewaspadaan dengan patuh pada protokol kesehatan.

“Terutama memakai masker dan menjaga jarak. Jangan berkerumun,” katanya.

Selain itu Budi juga meminta masyarakat untuk menghindari aktivitas perjalanan ke luar negeri yang tidak penting sebab kasus Omicron di sejumlah negara sedang meningkat cepat.

“Di Inggris yang semula cuma sepuluh per hari, naik 100-an per hari, sekarang sudah 70 ribu per hari, lebih tinggi dari puncak kasus di Indonesia pada Juli,” ujarnya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.