Waspadai Ritual Akhiri TA, Kementerian Doyan Gelar Kegiatan di Kabupaten

oleh
Sosialisasi tata kelola destinasi dan pemberdayaan masyarakat terkait pariwisata di Sangihe belum lama ini.

TAHUNA -Berbagai kegiatan Kementerian kerap dilakukan di sejumlah Kabupaten/Kota di penghujung tahun anggaran. Bahkan ini sudah menjadi ritual semua Kementerian yang ada dan diduga untuk mengejar realisasi anggaran hingga biaya perjalanan dinas.

Seperti halnya dengan kegiatan yang digelar oleh Kementerian Pariwisata belum lama ini di Kabupaten Sangihe tepatnya di Hotel Madina dengan mengangkat tema Peningkatan Kapasitas Tata Kelola Destinasi Potensi Pariwisata, dinilai banyak kalangan, agenda ini hanya bagian dari Kementerian Pariwisata untuk mengejar realisasi di penghujung tahun anggaran 2017 ini.

“Tidak bisa dipungkiri setiap akhir tahun anggaran dipastikan ada banyak agenda di Kementerian manapun akan mengejar realisasi anggaran dengan berbagai kegiatan yang hanya asal jadi tanpa ada tindaklanjut, yang terpenting dana bisa dikeluarkan untuk perjalanan dinas sejumlah pejabat kementerian. Dan pratek seperti sudah menjadi ritual diakhir tahun anggaran,” ujar Juru Bicara LSM Merah Putih Nader Baradja.

Baradja menantang Kementerian Pariwisata terkait dengan agenda program assitensi tata kelola destinasi pariwisata cluister Sangihe.

Baca juga:   Rastra Bakal Bertransformasi Ke BPNT

“Kalau benar program ini akan ditindaklanjuti, tolong dibuktikan dengan langkah lanjut, jangan dugaan berbagai kalangan bahwa program ini sebagai bentuk ritual akhir tahun anggaran,” tegas Baradja.

Assisten Deputi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Kusnoto menyatakan bahwa agenda ini sebagai bentuk upaya untuk mengakomodir potensi wisata di semua daerah dalam kaitannya pengelolaan ke depan.

“Bisa saja sejumlah pihak ketiga akan tertarik dan mau mengelola sejumlah potensi wisata yang ada di Sangihe ini,” singkat Kusnoto sambil menyatakan bahwa program ini jelas dan berkelanjutan.

(sam)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.