SIReMiTa Bantu Maksimalkan Kinerja Polres Minut

oleh
Kapolres Minut AKBP Alfaris Pattiwael saat memperkenalkan aplikasi SIReMiTa.

MINUT — Di pimpin Kaolres Minahasa Utara (Minut) AKBP Alfaris Pattiwael mengenalkan terobosan baru yaitu Publish Pelayanan Publik yang Berbasis  IT (Promoter ke 2), dalam hal ini Aplikasi berbasis Website dan berbasis Android yaitu Sistem Informasi Polres Minahasa Utara (SIReMiTa) yang langsung di uji coba, Senin (07/08/2017) di Lapangan Polres Minut.

Aplikasi tersebut berisi :

1. Laporan Kriminal (Criminal Report)
2. Kemacetan lalulintas (Traffic Trouble)
3. Pendaftaran SIM online
4. Pendaftaran STNK online
5. Pendaftaran SKCK
6. Surat pemberitahuan perkembangan hasil penyidikan
7. Portal Media dan
8. Panic Button.

“Pelayanan dengan aplikasi SIReMiTA ini sengaja kami siapkan selain untuk memaksimalkan pelayanan kepolisian kepada masyarakat terutama juga untuk merespon dengan cepat aksi kejahatan yang terjadi di wilayah hukum Polres Minut. Siapa saja bisa menjadi pelapor dengan terlebih dahulu mendownload aplikasi SIReMiTA ini,” jelas Patiwael.

Pattiwael mengatakan, Nantinya setelah terigristasi melalui pendaftaran nama, email dan nomor telfon, pelapor bisa melaporkan kejadian atau tindak kejahatan yang terjadi di wilayahnya lengkap dengan foto, waktu dan tempat kejadian melalui Global Positioning System (GPS).

IMG-20170807-WA0009

“SIReMiTA ini masih dalam tahap uji coba, untuk infrastruktur pendukungnya telah kami siapkan, tinggal dioperasikan. Dan menurut rencana akan dilaunching pada 2 pekan depan,” ucap Kapolres Patiwael, seraya menambahkan, seluruh anggota Polres Minut telah kami siapkan  untuk mendukung program ini. Semua unit Polres akan maksimal mendukung program ini melalui patrol Quick respons, Patroli Rayon Minahasa Utara (Paramita) maupun strong point yang ada.

Baca juga:   Bakal Calon Tidak Lulus Tes Pilhut Masih Menuntut

Sementara tanggapan dari pejabat teras Polres Minut yang terkait dalam progran SIReMiTA.

“Program ini merupakan peningkatan pelayanan publik yang tadinya bersifat konvensional ditransfer ke sistim online. Program ini notabene akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap kerja kepolisian lebih khusus Polres Minut.”
Kompol Farly Rewur, Kabagops
“Program ini akan memeberikan pelayanan yang lebih baik lagi tanpa memberatkan masyarakat untuk terciptanya ketertiban dan keamanan yang lebih baik lagi. Ibu Bhayangkari akan ikut membantu mensosialisasikan program ini kepada masyarakat.”
Linda Patiwael, Ketua Bhayangkari Cabang Minut
“Program Kapolres AKBP Alfaris Patiwael ini sangat relevan dengan perkembangan IT saat ini. Hal ini akan memeberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasim langsung menangkal kejahatan di lingkungannya.”
AKP Johanis Kalempouw, Kasat Bimas
“Dengan adanya program ini Reskrim Minut akan langsung melampirkan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) paling lambat 1×24 jam. Kami juga akan mendatangi pelapor dalam SIReMiTA ini untuk memvalidasi laporan warga apakah sesuai atau tidak.”
AKP Ronni Maridjan S.Sos, Kasat Reskrim
“Untuk Lantas ada tiga modul yaitu pendaftaran SIM, STNK dan traffick trouble. Warga tidak perlu lagi antri untuk pengurusan SIM dan STNK sedangkan untuk kemacetan atau kecelakaan lalu lintas bisa langsung diinformasikan kepada Polres.”
AKP Andrew Kilapong SE, Kasat Lantas
“Unit Sabhara tentunya akan mendukung dengan melakukan Quick Respons melalui unit Patroli Rayon Minahasa Utara (Paramita).”
AKP I Nyoman Wirna Regada, Kasat Sabhara
“Unit Intelkam melalui 5 Polsek jajaran tetap melayani pengurusan SKCK secara manual sedangkan di Polres nanti akan dilakukan secara online dengan memakai aplikasi SIReMiTA namun juga tetap akan melayani secara manual.”
AKP Boyke Rompas, Kasat Intelkam

(Marvil)

Baca juga:   Film "Hujan Bulan Juli" Berlokasi Syuting di Desa Tatelu Minut

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *