Tanpa Kelas Jabatan Dalam SK Bupati, Tunjangan Kinerja P3K Tahun 2024 Tak Dibayarkan

oleh -854 Dilihat
Ketua Tim Investigasi LPPN RI, Darwis Plontos Saselah.

TAHUNA – Nasib apes bakal kembali akan menerpa ratusan Tenaga P3K di lingkup Pemkab Sangihe. Pasalnya tunjangan kinerja yang menjadi bagian dari haknya untuk tahun 2024 ini tidak akan terealisasi. Meskipun anggaran untuk tunjangan kinerja nyatanya ada dalam APBD Tahun Anggaran 2024.

Hal ini lebih disebabkan dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Sangihe nomor SK.54/900 Tahun 2024 tentang Pemberian Tambahan Penghasilan Bagi Aparatur Sipil Negara tidak dicantumkan kelas jabatan bagi P3K sebagai dasar pembayaran tambahan penghasilan atau istilah lainnya tunjangan kinerja.
Ketua Tim Investigasi Lembaga Pemantau Penyelenggara Negara Republik Indonesia (LPPN RI) Darwis Plontos Saselah angkat bicara menyatakan bahwa tunjangan kinerja bagi tenaga P3K tahun 2024 bisa dibayarkan.

“Dengan syarat Pemkab Sangihe dalam hal ini Bagian Organisasi Sekretariat Daerah menyurat secara resmi ke KemenPAN terkait kelas jabatan P3K sebagai dasar pembayaran tunjangan kinerja tersebut”, ujar Saselah.

Dan lanjut Saselah atas balasan surat dari KemenPAN tersebut maka SK Bupati dimaksud diktumnya bisa direvisi.

“Dengan demikian hak ratusan P3K yang sebagian besar berupa tenaga pendidik dan kesehatan ini bisa direalisasikan”, jelasnya kembali.

Olehnya Saselah mendesak agar Bupati Sangihe Albert Huppy Wounde menyikapi dengam serius hal ini.

“Tahun anggaran 2023 lalu ada dana sekira Rp 5 miliar untuk pembayaran tunjangan kinerja bagi P3K tapi tidak terealisasi imbas tidak adanya kelas jabatan bagi P3K dalam SK Bupati nomor 21 tahun 2023 tentang Pemberian Tambahan Penghasilan bagi ASN. Dan dana tersebut akhirnya menjadi SILPA. Belajar dari ketidakmampun Pj Bupati Rinny Tamuntuan, maka Wounde harus mampu menuntaskan persoalan tunjangan kinerja P3K di lingkup Pemkab Sangihe”, imbuh Saselah sambil berharap selaku Bupati Sangihe Wounde juga adalah pejabat di Pemerintah Pusat yang mumpuni.

(sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.