Penjabat Bupati Minahasa Serahkan Dokumen Kependudukan Guna Wujudkan Program ‘Mapatik Se Tou’

oleh -387 Dilihat

MINAHASA – Penjabat (Pj) Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong MSi, menyerahkan tiga dokumen kependudukan kepada warga yang melakukan persalinan di RSUD Sam Ratulangi Tondano, Rabu (20/3/24).

Bertempat di ruang rawat inap Payangka
dokumen tersebut diserahkan Bupati Kemendong yang didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Dukcapil) Minahasa, Meidy Rengkuan SH MAP, serta jajaran RSUD Sam Ratulangi Tondano.

Bupati Kumendong mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, untuk mendekatkan dan mempermudah pelayanan bagi masyarakat di bidang administrasi kependudukan.

“Jadi saat ini Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kabupaten Minahasa telah melakukan penandatangan perjanjian kerja sama dengan RSUD Sam Ratulangi Tondano, terkait inovasi pelayanan Mapatik Se Tou atau Ba Tulis Orang,” kata Bupati.

Lebih lanjut, Kumendong mengatakan, program Mapatik Se Tou, merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat yang akan merubah dokumen kependudukan karena ketambahan anggota keluarga yang baru, agar tidak lagi harus datang kekantor Dukcapil.

“Program ini merupakan upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat yang akan merubah dokumen kependudukan karena ketambahan anggota keluarga yang baru, agar tidak harus datang lagi ke Kantor Dukcapil,” ungkap Kumendong

Selain itu Kumendong juga mengatakan bahwa program ini akan terus dilaksanakan oleh Pemkab Minahasa yang akan bekerjasama dengan RS Dr J H Awaloei dan Rumah Sakit yang ada di wilayah Pemerintahan Kabupaten Minahasa, serta Puskesmas-puskesmas yang memiliki rawat inap dan klinik bersalin.

“Pemkab Minahasa akan terus melaksanakan program ini dengan bekerjasama dengan RS Dr J H Awaloei dan seluruh Rumah Sakit yang ada di wilayah Pemerintahan Kabupaten Minahasa, serta Puskesmas-puskesmas yang memiliki rawat inap dan Klinik bersalin,” cetus Bupati

Adapun dokumen yang diserahkan kepada keluarga adalah, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA).
kepada keluarga Kuhon-Wauran atas nama Axsel Miracle Kuhon.

Efraim Kuhon selaku Kepala Keluarga penerima dokumen kependudukan yang baru menyambut baik dan mengapresiasi program yang baik ini.

“Saya selaku Kepala Keluarga penerima dokumen kependudukan yang baru merasa senang dan mengapresiasi sekaligus berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa yang telah membuat program ini,” kata Efraim

Turut hadir Kabid Pemafaatan Data dan Inovasi Pelayanan Yoldy Tombuku SH, dan jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Minahasa.(frits)


No More Posts Available.

No more pages to load.