Kolaborasi Kementerian Kominfo dan Dispar Minut, Latih Pengelola Homestay Liktim

oleh -905 Dilihat

MINUT — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) melalui Dinas Pariwisata bekerja sama dengan Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menggelar Digitalisasi Homestay, Senin – Kamis (29/5-1/6/2023).

Mengangkat tema ‘Pariwisata Berkelanjutan Di Era Digitalisasi’, sejumlah pengelola homestay di Kecamatan Likupang Timur (Liktim) ikut pelatihan transformasi digital.

Pembekalan dilakukan Kementerian Kominfo oleh Ketua Tim Transformasi Digital Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata, Kominfo, Wijayanto. Dikatakannya, pelatihan diberikan dalam rangka mengenalkan terkait pengelolaan homestay secara digitalisasi.

“Yang diundang, pengelola home stay Desa Marinsow, Desa Pulisan dan Desa Kinunang, yang masuk daerah pariwisata super prioritas. Dengan harapan, workshop ini dapat meningkatkan SDM pengelola homestay yang ada dalam melakukan digitalisasi homestay sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan untuk dapat menginap,” ujar Wijayanto.

Lanjutnya, kegiatan workshop ini bakal dilakukan dalam empat kunjungan. Masing-masing kunjungan akan dilakukan bimbingan teknis terkait pengelolaan dan promosi homestay yang pelaksanaan berlangsung selama tiga sampai empat hari.

Ia juga mengatakan, Minut masuk dalam 65 kawasan yang menjadi target Kominfo terkait transformasi digital. Untuk itu, lebih dari 208 homestay di Likupang Timur ini, diajarkan bagaimana mengelola homestay. Mulai dari pemesanan, pengelolaan sampai pembayarannya. Serta promosi menggunakan media sosial.

“Kominfo tidak kerja sendiri, berkolaborasi dengan Kemenparekraf, Dinas Pariwisata dan Diskominfo serta pengelolah desa wisata,” jelas Wijayanto.

Sementara itu, mewakili Bupati Minut Joune JE Ganda SE MAP MM MSi, Kepala Dinas Pariwisata Minut Dra Femmy AM Pangkerego MPd ME menyampaikan, program pelatihan ini sangat membantu masyarakat yang memiliki homestay.

Menurut Pangkerego, pariwisata bisa berkembang dan maju dengan adanya homestay di mana para pengunjung bisa beristirahat dengan tenang dan nyaman. Ia juga berharap Kominfo tidak hanya melatih tetapi memberikan solusi terkait jaringan.

Ditambahkan, Kepala Bidang Statistik  Dinas Komunikasi dan Informatika Diskominfo Minut Ir J Lempoy mewakili Kadiskominfo Robby Parengkuan SH, pihaknya mendukung percepatan transformasi digital. Terutama pada bidang homestay.

“Kami berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan. Serta memberikan pemahaman strategi pemasaran dengan konsep pemasaran digital,” tutupnya.(Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.