Kader Parpol Ramai-ramai Masuk PDIP Sulut, Pengamat Ferry Liando: Elektabilitas Tinggi 

oleh -881 Dilihat

Survei SMRC: PDIP Dominasi Dukungan Kelompok Kritis

TOMOHON-Magnet Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di Provinsi Sulawesi Utara saat ini terbukti sangat kuat.

Bukan hanya tokoh-tokoh populis, kader-kader partai politik peserta Pemilu 2024 pun ikut kepincut bergabung ke Parpol berlogo Banteng Moncong Putih yang saat ini diketuai Olly Dondokambey.

Data diperoleh, di berbagai cabang di kabupaten/kota se-Sulut sejumlah nama hijrah ke PDIP. Seperti kader dari Golkar, Gerindra, maupun NasDem.

Pengamat Politik Dr Ferry Daud Liando mengatakan, perpindahan kader ke Parpol lain adalah hal yang mungkin terjadi jelang Pemilu 2024.

Salah satunya adalah bakal Caleg yang pindah Parpol memang elektabilitasnya tinggi sehingga ‘diperebutkan’ Parpol.

Sebab kepentingan Parpol pada Pemilu sebatas mencari suara dan kursi sehingga berusaha mencari figur-figur yang populer.

Di satu sisi, salah satu faktor penuntun agar Parpol dominan yakni memiliki struktur, anggota dan simpatisan dengan figur atau nama besar, dihormati, serta memiliki banyak pengikut.

Sementara itu, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan PDI Perjuangan mendapatkan dukungan terbesar dari kelompok kritis.

PDI Perjuangan memimpin di 10 provinsi. Yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Jawa Tengah, Papua Barat, Papua, dan Sulawesi Utara.

Bahkan dari survei tersebut menempatkan Sulut sebagai provinsi tertinggi milik PDI Perjuangan, dengan capaian 66 persen. Sedangkan Parpol lain hanya dibawah 10 persen.

(vhp)

No More Posts Available.

No more pages to load.