Ketua PAPPRI Sulut Joune Ganda Tampil Memukau Duet Bersama Once Mekel

oleh -510 Dilihat


MINUT — Memperingati Hari Musik Nasional ke – 20, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAPPRI Sulut berhasil gelar talkshow dan konser musik, di JG Center, Selasa (11/4/2023).

Kegiatan yang bertajuk “Musik Indonesia Keren” dengan tema “Membangun Ekosistem Musisi Indonesia”, menampilkan kolaborasi musik modern/kontemporer, dan musik tradisional yakni kolintang. Serta talkshow dialog seputar isu musik, dan diskusi peran musik dalam mendukung peningkatan wawasan kebangsaan, sekaligus berbuka puasa bersama.

Sejumlah musisi nasional hebohkan konser musik diantaranya Once Mekel, Dwiki Dharmawan, Andre Hehanussa, mereka berkolaborasi dengan musisi daerah diantaranya Ferdinand Soputan, Kolintang PAPPRI Sulut dan Choir DPC PAPPRI Minahasa, serta artis daerah lainnya.

Dwiki Dharmawan musisi senior juga sebagai Sekjen PAPPRI mengungkapkan, musik di Sulut khususnya di Minut sangat keren dan potensial. Yang perlu dilakukan adalah sinergi antara DPP PAPPRI Pusat dan DPD PAPPRI Sulut.

“Saya memberikan apresiasi kepada DPD PAPPRI Sulut, dibawa kepemimpinan Bupati Minut Joune Ganda SE MAP MM MSi yang all out serius dalam bekerjasama, sehingga akan ada kemajuan yang signifikan dari musik Sulut yang memang sudah sangat musikal,” ungkap Dwiki Dharmawan.

Menurutnya, dengan menampilkan musik tradisional kolintang, seperti penampilan Once Mekel dan dirinya, Ia yakin kedepan, Sulut khususnya Minut akan menjadi penyumbang musik-musik keren di sentra Indonesia dan dunia sejalan dengan adanya KEK Likupang.

“Kita harus bersinergi, artis-artis PAPPRI yang hadir malam ini, Andre Hehanusa sebagai komposer, Once Mekel sebagai penyanyi dan saya (Dwiki Dharmawan,red) sebagai penata musik dan orkestra ingin menciptakan tim song Likupang. Dan saya menggandeng putra Minut yakni Once Mekel. Mari kita suarakan Sulut dan Minut melalui iven ini,” ucap Dwiki, Komposer Wonderfull Indonesia di Kemenparekraf RI.

Terpisah, Ketua DPD PAPPRI Sulut juga sebagai Bupati Minut Joune JE Ganda SE MAP MM MSi mengucapkan terima kasih kepada DPP PAPPRI, yang sangat luar biasa hadir di Sulut khususnya Minut yang merupakan wujud dari daerah yang memiliki potensi.

“Mereka melirik kolintang sebagai salah satu kearifan lokal kita, dan melihat bahwa lagu-lagu lokal kita bisa dijadikan potensi nasional bahkan Internasional. Minahasa Utara memiliki potensi yang luar biasa,” kata Bupati didampingi Kadiskomifo Minut Robby Parengkuan SH.

Lanjutnya, DPP PAPPRI melaksanakan hari musik nasional yang mengunjungi 5 kota besar di Indonesia. Dan salah satunya Sulut yang di pusatkan di Minut. Mudah-mudahan dengan pelaksanaan kegiatan ini, bisa menunjukan Minut menjadi pionir musik-musik lokal dan kearifan lokal di tingkat nasional maupun internasional.

“Melalui kegiatan ini, otomatis Likupang makin dikenal banyak orang. Slogan-slogan Likupang oleh senior-senior kita, tokoh-tokoh di bidang musik yang sudah mendunia. Dengan mengangkat Likupang sebagai DPSP,” jelasnya.

Menariknya, dalam kegiatan tersebut, Bupati Minut tampil memukau duet bersama musisi nasional Once Mekel juga bersama Andre Hehanussa hingga menghipnotis warga Minut yang hadir.(Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.