Kampung Wisata Kakaskasen Dua Kota Tomohon Tembus 75 Besar ADWI 2023

oleh -377 Dilihat

TOMOHON-Kampung Wisata Kakaskasen Dua mewakili Provinsi Sulawesi Utara masuk Top 75 Anugerah Desa Wisata 2023.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI resmi mengumumkan hasil tersebut pada Selasa (21/03/2023). 

Kampung Wisata Kakaskasen Dua di Kota Tomohon dengan berbagai keindahan objek wisata dan masuk Top 75 ADWI 2023, menunjukkan satu lagi prestasi pemerintahan Wali Kota Caroll Senduk dan Wakil Wali Kota Wenny Lumentut SE dalam bidang pariwisata. 

“Puji Tuhan Haleluya. Kampung Wisata Kakaskasen Dua lolos Top 75 Kampung Wisata 2023. Terima kasih atas doa dan dukungan semua. Misi CSWL jadikan Tomohon Kota Wisata Dunia mulai terwujud,” ucap Kadis Pariwisata Judhistira Siwu SE MSi.

Diharapkan Judhistira Siwu, ADWI dapat menggerakkan perekonomian Indonesia termasuk di Provinsi Sulawesi Utara dan terutama di Kota Tomohon. 

“ADWI akan menjadi momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia,” tuturnya. 

Data diperoleh, Anugerah Desa Wisata 2023 diikuti 7.275 desa/kampung wisata dari seluruh pelosok indonesia. Anugerah Desa Wisata telah dilaksanakan sejak 2021 dan dihasilkan melalui proses kurasi.

Ada lima kategori penilaian. Pertama, daya tarik pengunjung (keunikan dan keaslian: alam dan buatan – seni dan budaya.

Kedua, suvenir (kuliner-kriya-fashion). Ketiga, homestay dan toilet. Keempat, digital dan kreatif. Kelima, kelembagaan dan desa wisata CSHE.

Tujuan penyelenggaraan ADWI yaitu menggerakkan ekonomi melalui sektor pariwisata dari desa, membuka lapangan pekerjaan, dan mewujudkan pariwisata berkelas dunia.

(vhp)

No More Posts Available.

No more pages to load.