Bupati ROR Promosikan Potensi Kelautan dan SDA Minahasa di Our Ocean Conference 2023 Panama

oleh -219 Dilihat

MINAHASA – Bupati Dr Ir Royke Octavian Roring MSi, menghadiri Konferensi Kelautan Dunia (Our Ocean Conference) 2023 Panama. Konferensi Kelautan yang bertajuk 8 th Edition Of The Ocean Confrence tersebut, digelar di Panama City, Republik Panama, Amerika Tengah, pada 2-5 Maret 2023.

Melalui siaran pers Sabtu (4/3/2023), Bupati Royke Roring mengatakan bahwa pihaknya telah mempromosikan potensi kelautan dan sumber daya alam di konferensi tersebut.

“Melalui konferensi ini, sudah tentu kita akan mempromosikan smua potensi yang ada di Kabupaten Minahasa, termasuk potensi wisata dan pertanian,” kata Bupati Roring melalui Kadis Kominfo Maya Kainde SH MAP.

Menurut Kainde, Bupati Minahasa didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir Wenny Talumewo MSi, hadir di Konferensi Kelautan atas undangan resmi dari pelaksana. Bahkan, Bupati Royke Roring menjadi pembicara pertama dalam konferensi tersebut.

“Bupati Minahasa mendapatkan undangan resmi dari panitia pelaksana konferensi. Selain bupati Minahasa, ada juga bupati Buton yang merupakan perwakilan Indonesia yang hadir di konferensi tersebut,” ungkapnya.

Menurut Maya, konferensi tersebut merupakan ajang dialog kolaboratif antara kepala negara, sektor swasta, masyarakat sipil dan lembaga akademik guna membahas berbagai upaya penyelamatan sumber daya laut.

“Di konferensi tersebut bupati mengikuti side events Panama convention center pemerintah daerah dan nelayan skala kecil, yaitu bagaimana membuat kerja sama pengelolaan untuk masyarakat pesisir,” jelasnya.

Diketahui, dalam konferensi ini, 500 Kepala Daerah Pesisir menanggapi kebutuhan dan tantangan nelayan skala kecil dengan berbagi visi untuk perikanan pesisir. Kemudian mendiskusikan cara-cara mereka menciptakan ruang bagi nelayan untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan.

Tujuan konferensi ini adalah untuk membangun pemahaman yang lebih besar tentang bagaimana para pemimpin pemerintah daerah dapat menjadi juara yang lebih baik dalam manajemen bersama.

(Frits Mentu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.