KPU Sulut Tambah 5.274 Pion Sukseskan Pemilu Serentak 2024

oleh -12 views

MANADO — Sebanyak lima ribuan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota se Sulawesi Utara,  telah menyatakan kesiapannya untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024. 

Kesiapan mensukseskan agenda nasional Pemilu Serentak 2024 itu, ditandai  dengan dilantiknya 5.274 petugas PPS secara serentak pada Selasa (24/1/2023) kemarin.

Selain melantik 5.274 PPS, jajaran KPUD Kabupaten/Kota, juga melaksanakan gelar pasukan dengan melibatkan PPK yang sudah dilantik beberapa waktu sebelumnya.

Ketua KPU Sulut Meidy Tinangon, mengungkapkan PPS yang sudah dilantik ini nantinya  akan mulai bekerja dan langsung diperhadapkan dengan tiga tahapan penting yang sudah  di depan mata.

“Pertama adalah terkait tahapan pemutakhiran data pemilih dan kedua adalah persiapan menjelang verifikasi faktual terhadap dukungan calon perseorangan,” tandas Tinangon. 

Karena itu, lanjut dia,  jajaran KPU Kabupaten/Kota, diharapkan bisa membekali PPS yang sudah dilantik itu dengan aturan yang ada.

Baca juga:   KPU Sulut Sampaikan Persiapan Penyerahan Dukungan Minimal Bakal Calon Anggota DPD

“Diantaranya adalah PKPU 7 Tahun 2022 Tentang Penyusunan Daftar Pemilih dan PKPU 10 Tahun 2022 Tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Daerah. Satu lagi yang tak kalah penting adalah  persiapan perekrutan petugas pemutakhiran daftar pemilih atau pantarlih yang akan dimulai pada 26 Januari 2023,”  tukas Tinangon didampingi Ketua Divisi SDM-PARMAS, Amrain Razak.

Lanjut Tinangon,  jumlah penyelenggara atau badan adhoc se Sulawesi Utara yang sudah dilantik dan mulai bekerja hingga saat ini adalah sebanyak 6.079 orang.

“Mereka terdiri dari 805 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 5.274 anggota Panitia Pemungutan Suara atau PPS,” pungkas Ketua KPU Sulut Meidy Tinangon.(KPUSulut/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.