Sekretariat DPRD Tomohon Mantapkan Pelaksanaan Rapat Paripurna HUT Kota Tahun 2023

oleh -36 views
Wali Kota Caroll Senduk SH, Wakil Wali Kota Wenny Lumentut SE, Sekretaris Kota Edwin Roring SE ME, Wakil Ketua DPRD Drs Johny Runtuwene DEA bersama jajaran Sekretariat DPRD Tomohon usai pembukaan kegiatan Hari Jadi ke-20 di Stadion Babe Palar, Jumat (20/01/2023) lalu.

TOMOHON-Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon terus memantapkan persiapan pelaksanaan Rapat Paripurna HUT ke-20 Kota Tomohon, Jumat (27/01/2023) nanti.

Sekretaris DPRD Tomohon Steven Waworuntu SSTP melalui Kabag Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD Nyoman Yosi Andhika Nirmala SH mengatakan, Rapat Paripurna HUT ke-20 Kota Tomohon akan dilaksanakan di Ruang Paripurna Kantor DPRD Tomohon.

Dalam catatan yang ada, Kota Tomohon adalah salah satu kota di Provinsi Sulawesi Utara yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Minahasa. 

Melalui proses yang panjang secara yuridis dan pertimbangan matang maka Pemerintah Kabupaten Minahasa beserta DPRD Minahasa merekomendasikan aspirasi masyarakat untuk pembentukan Kota Tomohon yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. 

Pembentukan Kota Tomohon ditetapkan oleh pemerintah pusat dengan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2003.  

Kota Tomohon menyimpan potensi yang luar biasa terlebih di bidang pariwisata dan pertanian. 

Baca juga:   Sempat Hebohkan Jagat Maya, Katim URC Totosik: Korban Dianiaya Hingga Lebam Sekujur Tubuh

Pada saat dimekarkan, Kota Tomohon terdiri dari 3 kecamatan. Yaitu Kecamatan Tomohon Utara, Kecamatan Tomohon Tengah, dan Kecamatan Tomohon Selatan. Dengan luas wilayah keseluruhan sekira 114,20 Kilometer.

Dalam perjalanannya, Kota Tomohon telah memiliki 5 kecamatan dengan ketambahan Kecamatan Tomohon Barat serta Kecamatan Tomohon Timur. 

Memasuki usia ke-20 tahun, dengan bertambahnya penduduk Kota Tomohon yang telah melampaui 100.000 penduduk, nantinya DPRD Kota Tomohon bakal menempatkan 25 Wakil Rakyat, atau bertambah 5 Wakil Rakyat dari total saat ini berjumlah 20 Kursi.

(vhp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.