Pertama Kalinya Presiden Jokowi Kunjungi 4 Lokasi di Minut. Didampingi Bupati dan Wabup JG-KWL

oleh -53 views

MINUT — Untuk pertama kalinya, Presiden RI Ir Joko Widodo (Jokowi) berkunjung di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) mendatangi 4 lokasi berbeda. Diawali dengan membagi bantuan modal usaha, sembako dan kaos di Pasar Tradisional Airmadidi, Peresmian Bendungan Kuwil-Kawangkoan, Hotel Merriot, dan Pelabuhan Munte di Likupang Barat Kamis (19/1/2023).

Didampingi Bupati Joune JE Ganda SE MAP MSi MM dan Wakil Bupati Kevin W. Lotulung SH MH, Presiden RI Jokowi mengunjungi 4 lokasi tersebut, juga didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Menteri PUPR Dr Ir M Basuki Hadimuljono MSc, sejumlah kepala daerah di Sulut, Kepala OPD Provinsi Sulut dan Kabupaten Minut.

Diawali dengan meninjau Pasar Tradisional Airmadidi di Kelurahan Sarongsong I Kecamatan Airmadidi, Presiden meninjau langsung aktivitas pasar serta berdialog dengan pedagang dan pembeli di pasar tersebut,  diketahui kunjungan Presiden tersebut dalam rangka mengetahui sekaligus memantau dampak inflasi terhadap kebutuhan pangan serta mengecek harga bahan pokok di Minut.

Baca juga:   Kapolres Minahasa Hadiri Peresmian RTLH KASAD di Eris dan Serahkan Bantuan TV

Kemudian Presiden bersama rombongan mengahadiri acara peresmian Bendungan Kuwil Kawongkoan, bendungan kuwil kawangkoan ini memiliki luas 156 Hektar serta daya tampung mencapai 26 juta meter kubik diharapkan dapat mengurangi banjir yang sering terjadi di kota Manado.

Bendungan  ini juga dioperasikan bagi penyediaan air baku di Kota Manado, Kabupaten Minut dan Kota Bitung. Termasuk, penyediaan pasokan energi listrik mikrohidro juga pengembangan pariwisata serta bisa menjadi sarana irigasi bagi pertani.

Selain meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan Presiden RI Joko Widodo serta Menteri PUPR, Dr (HC) Ir H M Basuki Hadimoeljono MSc PhD, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE Bupati Minahasa Utara Joune Ganda dan wakil Bupati Kevin Lotulung  juga berkunjung ke hotel Likupang Eco Family Resort (Hotel Marriott) di desa Paputungan, Kecamatan Likupang Barat.

Hotel Likupang Eco Family Resort merupakan salah satu hotel bintang lima yang menjadi penyanggah Minut, terutama dalam menunjang destinasi wisata pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang.

Baca juga:   Musrenbang RKPD Minsel Tahun 2024 di Desa Suluun Empat Sukses Terlaksanan

Selanjutnya rombongan bergerak menuju pelabuhan penyeberangan munte  di Desa Munte, Kecamatan Likupang Barat dalam agenda tersebut Presiden RI meninjau kondisi dermaga yang nantinya akan menjadi akses penting penyeberangan yang akan melayani daerah kepulauan yang menjadi obyek wisata di Kabupaten Minahasa Utara yakni Pulau Lihaga, Pulau Gangga dan Pulau Talise.

Pelabuhan Munte merupakan pelabuhan milik pemerintah Kabupaten Minahasa Utara yang dihibahkan oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kementrian Perhubungan lewat berita acara serah terima Hibah Barang Milik Negara (HBMN) juga diserahkan Sarana Bantuan Navigasi Pelayaran (SBNP) dan suar alur Likupang pada September 2022 silam.(Humas Minut/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.