Puan Maharani: Piala Dunia 2022 Bawa Angin Segar bagi Kondisi Global 

oleh -199 Dilihat
Ketua DPR RI Puan Maharani memperkuat hubungan diplomatik dengan Qatar yang sudah terjalin selang 46 tahun terakhir.

JAKARTA-Piala Dunia 2022 yang tengah berlangsung ini membawa angin segar bagi kondisi global yang penuh tantangan. 

Bahkan sepakbola juga olahraga secara keseluruhan berpotensi membawa pesan persaudaraan, kesetaraan, dan solidaritas.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, setelah setahun ini dunia dilanda meningkatnya ketegangan geopolitik, dan berbagai krisis, maka piala dunia ini membawa angin segar bagi kondisi global yang penuh tantangan. 

“Sepakbola dan olahraga secara umum juga berpotensi membawa pesan persaudaraan, kesetaraan, dan solidaritas,” ujar Puan Maharani saat pertemuan bilateral dengan Ketua Majelis Syuro Qatar, Senin (5/12/2022).

Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan, Rachmat Gobel, Puan juga menyinggung soal undangan Indonesia kepada Presiden FIFA saat G20 Summit untuk berbicara dan menyampaikan pesan solidaritas tersebut bagi para pemimpin dunia.

Menurut Puan, nilai-nilai persaudaraan dan solidaritas inilah yang diharapkan dapat meningkatkan kerja sama internasional di saat dunia mengatasi berbagai krisis global yang kompleks dan bersifat multi-dimensi.

Sebagaimana dalam olahraga sepakbola, para pemimpin negara juga diharapkan meningkatkan semangat kerja untuk mencapai tujuan sebagai satu tim.

“Satu keluarga di desa global (global village), menuju masa depan yang lebih baik,” tambahnya. 

Lebih lanjut Politisi dari Fraksi PDI-Perjuangan ini juga menyampaikan apresiasi atas hubungan diplomatik Indonesia dan Qatar yang sudah terjalin selama 46 tahun sejak tahun 1976. 

Ia menegaskan, Qatar merupakan negara yang sangat penting dan merupakan sahabat bagi Indonesia.

“Saya sangat bahagia dengan hubungan bilateral yang baik antara kedua negara yang ditunjukkan dengan undangan bagi Indonesia sebagai ‘Partner Country pada Tahun Budaya 2023’ dan ikut berpartisipasi dalam acara ‘Horticultural Expo, Doha 2023’,” lanjut Puan.

Ia berharap, partisipasi tersebut akan terus meningkatkan dan membawa hubungan kedua negara ke tingkatan yang lebih tinggi lagi.

Dan sebagai Ketua DPR RI, Puan memastikan selalu memberikan dukungan agar hubungan Indonesia-Qatar semakin kuat.

“Kita perlu kembangkan hubungan antar masyarakat (people-to-people ties). Hubungan kuat antar masyarakat akan menjadi fondasi kokohnya hubungan kedua negara,” tegasnya.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh perwakilan parlemen Mesir, Oman, Panama, Irak, dan Kamerun di awal pertemuan itu, Puan tidak lupa mengucapkan selamat untuk Qatar atas penyelenggaraan Piala Dunia 2022.

Ia berharap Piala Dunia di Doha ini berjalan sukses dan lancar hingga masuk babak final. Tentunya pertandingan ini telah menjadikan Qatar menjadi pusat perhatian dunia pada akhir tahun 2022.

(redaksi)

No More Posts Available.

No more pages to load.