Prajurit dan PNS Makorem 131/Stg Ikuti Penyuluhan Kesehatan

oleh -11 views

MANADO– Komando Resor Militer (Korem) 131/Santiago melalui Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 13.04.01 Manado menggelar penyuluhan kesehatan yang diikuti oleh prajurit dan PNS Makorem 131/Santiago, Senin (28/11/2022), bertempat di Lapangan Makorem 131/Santiago Jalan Sam Ratulangi No.33, Kota Manado.

Penyuluhan kesehatan sangat penting dilaksanakan terhadap prajurit dan PNS TNI di satuan jajaran TNI AD, yang bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan serta menambah wawasan tentang kesehatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Pada gelar penyuluhan kesehatan ini Kapten Ckm. Yoel Dessila Amd (Pasi Tuud Denkesyah 13.04.01 Manado), tampil sebagai narasumber dengan bahasan tentang tata cara Donor Darah bagi calon pendonor darah.

“Kegiatan penyuluhan kesehatan ini bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan, wawasan sekaligus bekal kepada prajurit dan PNS tentang tata cara donor darah,” terang Kapten Yoel.

Lanjut dijelaskannya, Donor darah merupakan kegiatan sosial atau prosedur sukarela di mana seseorang memberikan darah secara sukarela untuk maksud dan tujuan transfusi darah bagi orang lain yang membutuhkan.

Baca juga:   Polda Sulut ajak Warga Manado dan Sekitarnya, Hindari Narkoba

” Jadi tidak hanya memberikan manfaat sosial, donor darah memiliki segudang manfaat kesehatan diantaranya menurunkan resiko penyakit jantung, menurunkan resiko kanker, pembaharuan sel darah secara rutin, hingga mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis,” jelasnya.

Prosedur ini bisa jadi dilakukan dengan menyumbangkan darah utuh atau komponen darah tertentu, seperti trombosit atau plasma. Jumlah yang diberikan dalam prosedur donor darah komponen darah tertentu ini akan bergantung pada tinggi badan, berat badan, dan jumlah trombosit dari pendonor.

“Sadarnya manfaat donor darah sejak dini, diharapkan dapat meningkatkan donor darah sukarela (DDS) sehingga kita dapat membantu meningkatkan ketersediaan darah nasional,” jelas Kapten Ckm. Yoel Dessila.

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.