Brigjen Mukhlis Hadiri Gelar Integrasi dan Peninjauan Materiil Mobile Field Hospital Rumkit Lapangan

oleh -15 views

MANADO– Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis, S.A.P, M.M  menghadiri acara Gelar Integrasi dan Peninjauan Materil Mobile Field Hospital Rumah Sakit (Rumkit) Lapangan Kesdam XIII/Merdeka, di lapangan Gajah Mada Pomdam XIII/Merdeka, Kamis (13/10/2022).

Mobile Field Hospital merupakan modul rumah sakit lapangan yang dilengkapi dengan alat medis canggih, sarana dan prasarana mandiri seperti water purification, dapur, alat komunikasi, jaringan internet serta sistem komputerisasi yang terintegrasi di seluruh ruangan, pendingin AC dan sebagainya.

Adapun tujuan dari Uji Fungsi Terintegrasi adalah untuk memastikan apakah alat – alat kesehatan, sarana dan prasarana pendukung dalam Mobile Field Hospital ini dapat berfungsi dengan baik serta sistem didalamnya apakah sudah terintegrasi di seluruh ruangan rumah sakit lapangan

Dalam sambutan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfred Denny Tuejeh mengapresiasi kehadiran Kapuskesad Mayjen TNI dr. Purwo Setyanto,Sp,B M.A.R.S pada kegiatan gelar integrasi Rumah Sakit Lapangan Angkatan Darat.

Baca juga:   Rangkaian HUT Ke-77 TNI, Danrem 131/Santiago Buka Giat Karya Bakti di Pulau Bunaken

“Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kapuskesad Mayjen TNI dr. Purwo Setyanto,Sp,B M.A.R.S yang sudah menyaksikan secara langsung gelar integrasi Rumah Sakit Lapangan Angkatan Darat, guna memastikan bahwa seluruh alat perlengkapan kesehatan, sarana dan prasarana pendukung Mobile Field Hospital ini berfungsi dengan baik, yang didalamnya sudah terintegrasi dengan seluruh ruangan rumah sakit lapangan,” ucap Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI A. Denny Tuejeh dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu juga Kapuskesad Mayjen TNI dr. Purwo Setyanto,Sp,B M.A.R.S mengatakan suatu kebanggaan Puskesad bisa menghadirkan mobile Field Hospital ini di jajaran Kodam XIII/Merdeka.

“Tentunya ini semua berkat kajian masukan dan saran dari komando wilayah untuk penempatan Rumah Sakit Lapangan di Manado,” ujar Kapuskesad

Kapuskesad juga menerangkan bahwa model Rumah Sakit Lapangan yang seperti ini adalah dari Mabesad, ini sudah tergelar di Dua Kodam dan Dua Batalyon yaitu Kodam VI/Mulawarman dan Kodam XIII/Merdeka serta Yonkes I dan Yonkes II.

Baca juga:   Danrem 131/Santiago Pimpin Sertijab Dandim 1312/Talaud

“Sedangkan R.S Lapangan model lain pengadaan dari Kemenhan (Kementerian Pertahanan) saat ini sudah tergelar di Kodam I/Bukit Barisan dan Kodam IV/Hasanudin. Dan semua R.S Lapangan ini sudah teruji keberadaannya dan fungsionalnya pada waktu bencana di kota Mamuju Sulawesi Barat,”ungkapnya.

Lanjut dikatakannya, bahwa Rumah sakit lapangan ini bersifat mobile, sehingga mudah digelar dan digerakkan dalam waktu yang relatif cepat untuk membantu penanganan pasien di daerah bencana atau dalam kondisi darurat.

Adapun materiil yang diterima antara lain: Tenda Fiel panel electricity 1 Set, Tenda Exoskeleton EMTS  20 Set yang dilengkapi dengan berbagai alat medis canggih serta sarana dan prasarana mandiri seperti pemurni air, dapur, alat komunikasi, jaringan internet, pendingin AC, dan sistem komputerisasi yang terintegrasi di seluruh ruangan.

Selain itu juga 16 unit Mobil logistik, 1 unit mobil Genset, 1 unit mobil tangki BBM, 1 unit mobil penjernih air, 1 unit mobil ambulance medis, 1 unit mobil Alkom, 1 unit mobil dapur lapangan dan 2 unit mobil MCK/Toilet.

Baca juga:   Anggota Korem 131/Stg Olah Raga Bersama

Dalam acara tersebut juga dilakukan pemotongan pita oleh Pangdam XIII/Merdeka yang didampingi Kapuskesad tanda bahwa Materil Mobile Field Hospital Rumah Sakit Lapangan Kesdam XIII/Merdeka sudah diterima dan dilanjutkan meninjau tenda serta Mobile Field Hospital Rumah Sakit Lapangan yang ada.

Hadir diacara tersebut antara lain; Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Asrendam XIII/Merdeka Kol. Kav Tri Handoko, Kakesdam XIII/Merdeka Kol. Ckm dr. Ponco Darmono, Sp.B.
para Asisten, Dan/Kabalakdam XIII/Merdeka, Kepala BPBD Prov.Sulut dan Kepala Basarnas Prov.Sulut.

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.