Pemprov Sulut Ikut Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

oleh -16 views
Pj Sekdaprov Sulut Praseno Hadi (tengah) mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila dari Command Center Kantor Gubernur Sulut.

MANADO-Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dari Command Center kantor gubernur Sulut mengikuti secara virtual upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung secara hybrid di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta, Sabtu (1/10/2022).

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulut Praseno Hadi hadir mewakili Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw.

Nampak hadir juga dalam upacara, Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Provinsi Clay Dondokambey, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Ferry Sangian, Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Kadis Dikda) Grace Punuh, Kasat Pol PP Arthur Kotambunan, dan Kepala Biro Pemerintahan Weldie Poli.

Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila.”

Sementara itu, dari Lubang Buaya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Upacara diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo. Selanjutnya, Inspektur Upacara memimpin peserta mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa yang telah gugur.

Baca juga:   Unsrat Terima Bantuan IDB

Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan naskah Pancasila. Sementara Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dibacakan oleh Ketua DPD La Nyalla Mattalitti. Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani naskah Ikrar, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membacakan doa yang menjadi penutup rangkaian acara.

Berikut ikrar yang dibacakan dan ditandatangani oleh Ketua DPR Puan Maharani:

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan. Baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara. Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Baca juga:   Pembangunan RS Khusus Mata Provinsi Sulut Enam Lantai Dimulai

Selepas upacara, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin sejenak mengunjungi Monumen Pancasila Sakti sebelum meninggalkan lokasi acara.

Upacara juga dihadiri secara langsung antara lain sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Sementara itu, Pj Sekdaprov Sulut Praseno Hadi usai mengikuti upacara menuturkan jika Hari Kesaktian Pancasila kita harus sama-sama hayati.

“Karena ini merupakan bagian dari sejarah kita. Salah satu Pahlawan Revolusi berasal dari Sulawesi Utara, yaitu Kapten (Anumerta) Pierre Tendean, yang oleh karena pengorbanannya Jenderal Nasution bisa selamat dari peristiwa pemberontakan Gerakan 30 September PKI,” ujar Praseno.

“Dengan adanya peristiwa ini mengingatkan kita semua untuk menjaga Pancasila, pertahankan keutuhan NKRI, baik dari rongrongan dalam negeri maupun luar negeri. Supaya negara ini berlanjut terus, makin maju makin modern,” tutupnya.

Baca juga:   Gubernur Olly Hadiri Pentahbisan Gedung Gereja GMIM Syalom Moreah Ratatotok

(pjb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.