Sejumlah Capaian Positif Disampaikan Gubernur Olly Dondokambey saat Irup HUT ke-58 Provinsi Sulawesi Utara 

oleh -24 views
Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat memberi penghormatan di upacara peringatan HUT ke-58 Provinsi Sulut. (foto: istimewa)

MANADO-Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Provinsi Sulut di halaman Kantor Gubernur Sulut, Jumat (23/9/2022).

Gubernur Olly Dondokambey bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) yang tampil dengan mengenakan pakaian adat daerah Minahasa.

Kesempatan itu, mantan legislator Senayan ini membeber capaian positif daerah Bumi Nyiur Melambai di usia 58 tahun.

Kata Olly, infrastruktur maupun sarana prasarana konektivitas di Sulut tetap berproses dan berprogress di masa pandemi Covid-19.

“Kita pun berhasil membuka ekspor langsung, direct call Manado ke Narita Jepang untuk meningkatkan ekspor komoditi perikanan dan rempah di Sulawesi Utara,” ungkapnya mengawali sambutan.

Lanjut Olly, karena kondisi yang sudah pulih dengan dinafasi semangat kebersamaan, telah membuat geliat, capaian dan prestasi yang membanggakan di tahun 2022.

“Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sulut berada pada angka 73,30. Indeks Kebahagiaan 74,96, dan tercatat sebagai provinsi kelima dari 10 provinsi yang paling bahagia di Indonesia,” bebernya.

Baca juga:   Gubernur Olly Bersama Istri Bakal Dianugerahi Gelar Ayah dan Bunda GenRe

Tak hanya itu, Olly menjelaskan perekonomian Sulut di triwulan ke-2 tahun 2022 berhasil bertumbuh 5,93%, dan berada di atas rata-rata nasional yakni 5,44%.

“Inflasi di Sulawesi Utara tetap terkendali dengan angka 3,84 dan masih menjadi paling rendah se-pulau Sulawesi,” ujarnya.

Ia mengakui berkat kebersamaan yang kuat, Sulut mampu merajut tantangan menjadi peluang, bahkan menjadi kekuatan bagi pembangunan daerah.

“Itu kita buktikan saat kondisi pandemi Covid-19 yang lalu. Kita dapat bersama mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan, serta mendukung program vaksinasi baik tahap 1, tahap 2 dan jenis vaksinasi Booster,” terangnya.

Selain itu, kata Olly, dalam situasi pandemi, Pemprov Sulut mendorong Program Marijo Ba Kobong pada sektor pertanian dan perkebunan, dan percepatan digitalisasi pada kegiatan-kegiatan ekonomi, peningkatan kelas UMKM dan banyak lagi.

“Cukup banyak yang kita torehkan pada masa pandemi lalu. Kita boleh membangun infrastruktur kesehatan, yakni tiga rumah sakit baru yaitu RSUD ODSK, RSJ Ratumbuysang dan RS Khusus Mata,” tuturnya.

Baca juga:   Kandouw: Pengembangan Kualitas SDM Aparatur adalah Mutlak

Ia menambahkan, Pemprov Sulut juga tetap optimal mendukung program prioritas nasional, seperti pembangunan Tol Manado-Bitung yang diresmikan di masa pandemi, dan menjadi jalan tol pertama di Sulut dan terpanjang di Pulau Sulawesi.

Upacara ini turut diikuti Wakil Gubernur Steven Kandouw, PJ Sekdaprov Praseno Hadi, Forkopimda Sulut, Ketua TP-PKK Sulut Rita Tamuntuan, Sekretaris TP-PKK Sulut dr Kartika Devi Tanos, Konsulat Jenderal Filipina di Manado Angelica Escalona, sejumlah kepala daerah dan wakil kepala daerah se Provinsi Sulut, pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemprov Sulut, perwakilan instasi vertikal, dan undangan lainnya.

(pjb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.