Steven Kandouw Pimpin Ziarah ke Makam Mantan Kepala Daerah, Jelang HUT ke-58 Provinsi Sulut

oleh -39 views
Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw memimpin upacara ziarah di makam Sam Ratulangi di Minahasa.

MANADO-Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun ke-58 Provinsi Sulawesi Utara, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menggelar acara ziarah dan tabur bunga ke sejumlah makam mantan gubernur dan mantan wakil gubernur Sulut, Selasa (20/9/2022) pagi.

Ziarah yang dipimpin Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw diawali dengan mendatangi makam mantan Gubernur Sulawesi pertama Dr Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi atau lebih dikenal dengan Sam Ratulangi.

Makam Sam Ratulangi terletak di Kelurahan Wawalintouan, Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa.

Sam Ratulangi yang juga sebagai Pahlawan Nasional asal Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, menjabat sebagai Gubernur Sulawesi sejak awal kemerdekaan. Yaitu periode 19 Agustus 1945 – 30 Juni 1949.

Dalam ziarah ini, Wagub Kandouw selaku inspektur upacara memimpin penghormatan kemudian dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di Monumen Sam Ratulangi, dan dilanjutkan tabur bunga di makam Sam Ratulangi.

Ziarah dilanjutkan ke makam mantan gubernur Sulawesi Utara periode 2005-2015 Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS), di Kelurahan Tompaso Dua, Kecamatan Tompaso, Kabupaten Minahasa.

Baca juga:   Sosialisasi Lokasi Baru RSJ Ratumbuysang, Dinkes Sulut Adakan Pelayanan Gratis

Rombongan peziarah dari Pemprov Sulut disambut istri mendiang SHS, Ny Deitje Sarundajang-Laoh serta kedua putra SHS, Ivan Sarundajang dan Fabian Sarundajang.

Setelah memberikan penghormatan, dan tabur bunga, Wagub Kandouw beserta rombongan singgah sejenak di Taman Pustaka SHS, yaitu sebuah perpustakaan milik pribadi peninggalan SHS yang terletak tepat di samping makamnya.

Tujuan ziarah selanjutnya rombongan menuju ke kawasan Bukit Kasih Kanonang, di Desa Kanonang Lima, Kecamatan Kawangkoan Barat, Kabupaten Minahasa, untuk berziarah ke makam Adolf Jouke Sondakh, mantan gubernur Sulut periode 2000-2005. 

Tiba di Kanonang, Wagub Kandouw bersama rombongan disambut Ny Sientje Sondakh-Mandey, dan Inggried Sondakh, isteri dan putri mendiang AJ Sondakh.

Hadir juga mantan Rektor Unsrat Profesor Lucky Sondakh, adik dari almarhum AJ Sondakh.

Usai pemberian penghormatan dan tabur bunga, Wagub bersama rombongan peziarah melanjutkan perjalanan ke Desa Leilem Dua, Kecamatan Sonder, Kabupaten Minahasa, untuk mengunjungi makam Freddy Harry Sualang, mantan wakil gubernur Sulut periode 2005-2010. 

Baca juga:   Latih Pengelola Data se-Sulut, Aplikasi SIGA Dimaksimalkan

Di Leilem, Wagub Kandouw dan rombongan disambut istri mendiang Freddy Harry Sualang, Ny Sus Sualang-Pangemanan, bersama sang anak yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Manado Richard Sualang beserta istri Ny Merry Sualang-Mawardi.

Wagub Steven Kandouw saat diwawancarai menuturkan jika ziarah menjelang HUT Provinsi sudah menjadi suatu kewajiban, karena ini sebagai wujud apresiasi Pemprov kepada para mantan gubernur dan wagub Sulut.

“Hari ini kita ziarah karena kewajiban kami di provinsi Sulawesi Utara dalam rangka HUT ke-58 provinsi, berziarah ke seluruh mantan-mantan gubernur dan wakil gubernur,” ujar Kandouw.

“Suatu wujud apresiasi suatu wujud pengakuan, terlebih khusus lagi di Tondano, di makam Sam Ratulangi, bukan hanya sebagai mantan gubernur pertama Sulut tapi gubernur pertama di Sulawesi,” lanjutnya.

“Ini wujud apresiasi dan mudah-mudahan jadi inspirasi kepada kita semua untuk menjaga, mempertahankan, dan meningkatkan capaian-capaian sudah mereka torehkan,” tutup Kandouw.

Baca juga:   15 Pejabat Eselon III dan IV Disdukcapil KB Pemprov Dilantik

Hadir dalam rombongan peziarah dari lingkungan Pemprov Sulut bersama Wagub Kandouw, Kepala Inspektorat Meiki Onibala, Kepala BKAD Femmy Suluh, Kepala Bapedda Jenny Karouw, Kaban BPBD Joy Oroh, Kaban Pengembangan SDM Roy Tumiwa, Kadis ESDM Fransiscus Maindoka, Kadis PUPR Alex Wattimena, Kadis Pangan Jeity Roring, Karo Umum Rainer Dondokambey, Karo Pemerintahan dan Otonomi Daerah Weldie Poli, Karo Kesra Fereydy Kaligis, Karo Organisasi dan Kepegawaian Christodharma Sondakh, bersama jajaran Pemkab Minahasa yang dipimpin Sekda Kabupaten Minahasa Frits Muntu, serta para asisten dan pejabat eselon dua dan tiga lingkungan Pemkab Minahasa. 

Selain ziarah ke Minahasa, di hari yang sama juga Pemprov Sulut di bawah pimpinan Pj Sekdaprov Sulut Praseno Hadi, melakukan ziarah ke makam mantan gubernur CJ Rantung di TMP Kairagi Manado, makam mantan gubernur HW Worang di Minahasa Utara, dan mantan wagub A Najamudin di Kecamatan Tuminting.

(pjb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.