Lomba Pancing Internasional di Sulut Sukses, ODSK Sabet Dua Rekor MURI 

oleh -32 views

MANADO-Lomba mancing internasional dalam tajuk Likupang North Sulawesi International Fishing Competition (LNSIFC) 2022 Piala Presiden Joko Widodo telah sukses digelar.

Dan puncak acara penutupan LNSIFC 2022 yang dirangkaikan dengan pemecahan Rekor MURI berlangsung meriah di Kompleks Lapangan Basket Megamas, Sabtu (17/9/2022) malam.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Inspektorat Provinsi Sulut Meiki Onibala, menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya iven ini.

“Terima kasih kepada semua pihak sehingga seluruh rangkaian boleh berlangsung baik dan sukses. Ini tentunya memberikan dampak positif bagi peserta dan bagi sektor pembangunan yang ada,” ujar Onibala.

Lebih lanjut, Onibala mengatakan bahwa potensi bumi nyiur melambai yang memiliki beragam sumber daya alam dan produk bahari melimpah perlu terus dikembangkan.

“Kegiatan ini bisa menjadi momentum langkah konstruktif bagi Sulut dengan membangkitkan sektor pariwisata khususnya wisata bahari. Keberhasilan kegiatan ini memberikan dampak positif yang sangat besar dan Pemprov Sulut pasti siap serta optimis bisa menjadi tuan rumah di iven internasional lainnya,” katanya.

Baca juga:   Olly Support Rakorda Program KKBPK

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw mendapatkan dua penghargaan dari Museum Rekor Indonesia.

Yakni sebagai penyelenggara sajian Shashimi Tuna terbanyak, dan sebagai penyelenggara Festival Memancing dengan Partisipan Grup terbanyak.

Selain itu, dua rekor MURI dengan kategori yang sama juga diberikan kepada pihak panitia penyelenggara dan diterima oleh Ketua Panitia Michael Umbas.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tineke Adam menjelaskan, LNSIFC diikuti peserta dari 34 provinsi di Indonesia dan 4 negara lainnya.

Total peserta sebanyak 135 tim, terdiri dari 47 tim untuk kategori nasional-internasional, dan 88 tim kategori tradisional dengan total 585 angler.

Untuk lokasi pemancingan berada di Likupang Kabupaten Minahasa Utara, Biaro di Kabupaten Kepulauan Sitaro dan sekitar perairan Manado.

Pada puncak acara, juga dirangkaikan dengan Festival Tuna Sulut untuk pemecahan rekor MURI makan Sashimi Terberat 500 kg dengan total sekira 504 kilo, belum termasuk yang akan live show 152 kg sashimi grade A dan kategori Terbanyak sekitar 2.500 orang.

Baca juga:   Hebat, TNI Amerika Latihan Taktik Perang Bersama TNI AU di Sulut

Penutupan kegiatan ini dihadiri Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Victor Gustaaf Manoppo, Panglima Armada II Laksamana TNI Hutabarat, Dan Lantamal VIII Laksma TNI Noldy Tangka, Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno, Kepala Inspektorat Sulut Meiki Onibala, Kepala DKP Sulut Tineke Adam, perwakilan Museum Rekor Indonesia (MURI), Wakil Wali Kota Manado Richard Sualang, Ketua Umum Panitia Michael Umbas.

Daftar pemenang lomba LNSIFC 2022:
KATEGORI NASIONAL – INTERNASIONAL

Juara 1, 43,5 poin – Angler Nekat Bali

Juara II, 36 poin – Tamagitya Fishing Ternate

Juara III, 33,5 poin – Ivory Paris

Harapan I, 26 poin – Poki-poki angler poin – Botuna

Harapan II, 20,5 – Fishing Team

Harapan III, 15,5 poin – Sangatta
KATEGORI TRADISIONAL

Juara I – 27,15 Kg, Nurhayati
Juara II – 22,35 Kg, Pemukiman
Juara III – 22,10 Kg, Bintang Siang
JUARA KATEGORI SPESIES

Tuna (19 Kg) Tamagitya Fishing – Team Ternate
Giant Travvely (19,5 Kg) – Ivory Paris
Wahoo Tenggiri (10,5 Kg) – Sanggata Fishing Community
Kerapu (Grooper) 14 Kg – Piranha Kawan Fishing
Amberjack (13,5 Kg) – Angler Nekat Bali
Kurisi atau Kakap (9 Kg) – Ivory Paris
BEST CREW

1 – Angler Nekat Bali
2 – Tamagitya Fishing Team
3 – Ivory Paris
SPESIAL AWARD

Best Lady Angler: Damar Merah Fishing Team

Angler Nekat Bali meraih team terbaik pertama berhak atas Piala Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dengan raihan 43,5 poin pada kategori nasional-internasional.

Baca juga:   Kolaborasi TP-PKK Sulut dan Forum GERMAS Komitmen Cegah Stunting

Piala Presiden RI diserahkan Menteri Kelautan dan Perikanan yang diwakili Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Victor Gustaaf Manoppo.

Juga piala tetap Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, piala tetap panitia pelaksana dan uang tunai Rp75 juta serta berbagai hadiah dari sponsorship.

Sementara juara II meraih piala tetap Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, piala tetap panitia pelaksana dan uang tunai Rp50 juta serta berbagai hadiah dari sponsorship.

Dan juara ketiga meraih piala tetap Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, piala tetap panitia pelaksana dan uang tunai Rp37 juta serta berbagai hadiah dari sponsorship. 

(pjb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.