GRATIS!! Imunisasi PCV Anak Usia 2 Bulan ke Atas, Cegah Penyakit Radang Paru-Paru  

oleh -279 Dilihat

MANADO-Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara siap menyukseskan pelaksanaan Imunisasi PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine) yang akan dimulai 12 September 2022. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara dr Debie Kalalo MSc PH mengajak seluruh orang tua untuk membawa anak usia 2 bulan ke atas atau kelahiran mulai 13 Juni 2022. 

“Bawalah anak ke pusat layanan kesehatan seperti di Puskesmas, Posyandu atau Rumah Sakit untuk memperoleh Imunisasi PCV secara gratis,” ujar dokter Debie Kalalo.

Lanjut dr Debie Kalalo, Imunisasi PCV sudah ditetapkan sebagai imunisasi rutin yang akan diimplementasikan di seluruh Indonesia. 

Vaksin PCV yang akan digunakan sudah memiliki izin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

Pemberian imunisasi ganda pada pelaksanaan imunisasi PCV terbukti aman, efektif da tidak meningkatkan risiko terjadinya KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi,” imbuhnya. 

Ditambahkan dr Debie Kalalo, PCV merupakan salah satu jenis imunisasi yang diberikan kepada anak untuk mencegah terkena pneumonia atau radang paru-paru.

Vaksin PCV ini merupakan intervensi  untuk melindungi dan mencengah kematian pada anak-anak akibat pneumonia, yaitu peradangan paru paru yang disebabkan oleh infeksi. 

“Untuk itu, pemerintah berkomitmen penuh menyediakan vaksin PCV guna menyelamatkan jutaan hidup anak-anak di Indonesia termasuk di Provinsi Sulawesi Utara,” kunci dr Debie Kalalo. 

(pjb)

No More Posts Available.

No more pages to load.