Dukung Ketahanan Pangan, Pemdes Pinapalangkow Panen Cabe Perdana

oleh -37 views

MINSEL – Sukses dalam mengembangkan Program Ketahanan Pangan, Pemerintah Desa (Pemdes) Pinapalangkow, Kecamatan Suluun Tareran (Sulta), Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), melaksanakan panen perdana Cabe pada Jumat (9/9/2022) yang berlokasi di Perkebunan Kapleng Desa Pinapalangkow.

Kegiatan panen Perdana Cabe tersebut diawali dengan Ibadah Doa yang dipimpin oleh Kaur Pemerintahan Lushy Patras, selanjutnya sambutan dari Kecamatan Sulta oleh Camat Drs.Tonie FD Lantang.

Camat Tonie Lantang mengatakan bahwa, saat ini akan panen perdana Cabe. Tentu saat ini kata beliau, adalah suatu moment yang sangat penting bagi masyarakat Desa Pinapalangkow, ketika memanen hasil usaha yang dikelolah oleh Perangkat Desa, yang sumbernya diambil dari Dana Desa.

Lantang mengatakan, tentu hasilnya akan dipergunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat. Kata Lantang juga bahwa hal ini dalam rangka untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah juga dalam rangka untuk memberdayakan masyarakat.

Baca juga:   Polisi Bubarkan Pesta Miras di Kawasan Boulevard Amurang

“Apa yang akan kita panen selanjutnya, tentu dimintakan oleh Pemerintah agar supaya kita ada administrasi yang bagus. Ada pencatatan supaya kita bisa kalkulasi keuntungannya. Minimal kita Brik Ifen Point’ yang penting kita memberdayakan masyarakat dengan tenaga berasal dari Desa Pinapalangkow,” ucap Lantang.

Diketahui, Program Ketahanan Pangan dalam menanam Cabe sebanyak 1650 pohon, dengan luas lahan 0,4H. Sementara waktu lamanya mulai dari Launching (penanaman) hingga panen adalah 3 Bulan, dengan anggaran Rp.29.597.500,-.

Sementara Pjs.Hukumtua Desa Pinapalangkow Bani S.Zega,SS kepada Media mengatakan bahwa penanaman Cabe merupakan pilihan pihaknya dalam membantu Pemerintah dalam meningkatkan pangan melalui Program Ketahanan Pangan.

Zega juga bersyukur karena Ketahanan Pangan penanaman Cabe hingga saat ini berjalan lancar dan sukses. Tak lupa Zega juga meminta agar masyarakat untuk tetap selalu mendukung setiap Program Pemerintah Desa, Kecamatan sampai Kabupaten.

Baca juga:   Bupati Tetty Paruntu Tanggapi Status Kadis PU Minsel

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah BPD, Pendamping Lokal Desa, serta seluruh Perangkat Desa.

(Andy Runtunuwu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.