Begini Kata FDW Saat Membuka Rakord Pengendalian Inflasi Daerah Minsel

oleh -11 views

MINSEL – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar,SH, membuka Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Minahasa Selatan, yang bertempat di Aula Waleta Kantor Bupati Minsel pada Jumat (9/9/2022).

Turut hadir pada Rapat Koordinasi tersebut Wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt. Petra Yani Rembang, unsur FORKOPIMDA Minahasa Selatan, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Selatan Ibu Glady N. L. Kawatu, S.H., M.Si dan sejumlah kepala Perangkat daerah dan para camat.

Inflasi adalah proses meningkatnya harga secara umum dan terus-menerus sehubungan dengan mekanisme pasar yang dipengaruhi banyak faktor, seperti peningkatan konsumsi masyarakat, likuiditas di pasar yang berlebih sehingga memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, hingga ketidaklancaran distribusi barang. Dampak inflasi akan menurunkan kesejahteraan masyarakat terutama yang memiliki penghasilan tetap. Karena inflasi, harga barang di pasar akan naik, sedangkan penghasilan masyarakat tidak berubah. Hal ini dapat menurunkan kesejahteraan masyarakat karena daya beli masyarakat menjadi rendah.

Baca juga:   Olly Dondokambey Resmikan Gedung DPC PDI-P Kabupaten Minsel

Dalam kesempatan tersebut Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH menyampaikan bahwa pelaksanaan Rapat Koordinasi tersebut dilakukan dalam upaya menekan inflasi yang melibatkan Perangkat Daerah secara langsung. lonjakan harga barang akibat naiknya BBM berdampak pada peningkatan inflasi.

Selaku Pemerintah Daerah mengharapkan kenaikkan BBM ini harus dan wajib disosialisasikan oleh Perangkat Daerah kepada masyarakat karena itu merupakan bentuk upaya pemerintah membantu masyarakat. Dan untuk diketahui subsidi tidak lagi ke BBM tapi dipindahkan ke bantuan lain yaitu jaring pengaman sosial, ada langkah-langkah penting yang harus dibahas dan dilakukan.

Contohnya kita harus melakukan operasi pasar, jangan sampai ada oknum-oknum yang menaikkan harga secara sepihak. Dan diharapkan semua langkah-langkah itu tidak hanya menjadi sekedar rencana, tapi menjadi kegiatan aksi yang diterapkan di Minsel oleh Forkopimda, TPID dan seluruh Perangkat Daerah, tujuannya untuk membantu menekan angka inflasi di Kabupaten Minsel.

Baca juga:   Jadi Narsum Di Rakor Sentra Gakkumdu, Ini Yang Disampaikan Kapolres Minsel

(Andy Runtunuwu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.