Periode Juli-Agustus Pemilih di Sulawesi Utara Berkurang 17.680 Orang

oleh -34 views
Lanny Anggriany Ointu, Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Utara.

MANADO-Jumlah data pemilih untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus di-update oleh Komisi Pemilihan Umum Sulut. 

Terbaru, Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) untuk periode Bulan Agustus telah diplenokan KPU Sulut, Selasa (6/9/2022). 

Hasil pleno menunjukkan pemilih untuk periode Bulan Agustus 2022 berjumlah 1.821.795 pemilih. Angka ini mengalami penurunan dibandingkan dengan PDPB periode Bulan Juli 2022 yang berjumlah 1.836.715 pemilih atau total 17.680 pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Penurunan jumlah pemilih dalam PDPB ini telah melalui proses rekapitulasi oleh KPU di 15 kabupaten/kota se-Sulut.

Komisioner KPU Sulut Lanny Anggriany Ointu, yang juga selaku Ketua Divisi (Kadiv) Data dan Perencanaan menuturkan jika penyumbang terbesar angka TMS ini adalah adanya pemilih yang telah meninggal dunia, pindah domisili dan peralihan status dari sipil ke TNI/Polri.

“Jumlah pemilih yang menurun ini paling banyak Tidak Memenuhi Syarat karena meninggal dunia, itu yang pertama. Yang kedua pindah domisili, dan yang ketiga adalah masyarakat status sipil yang beralih menjadi anggota TNI-Polri,” ujar Lanny Ointu.

Baca juga:   Pnt Rio Dondokambey dan Wawali Manado Disambut Ribuan Jemaat GMIM Sion Teling

Lanjutnya, total TMS ini ada di angka 17.680 dan yang paling banyak ada di Kota Manado, Kabupaten Minahasa, dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Kadiv Lanny Ointu pun menambahkan untuk PDPB ini masih akan terus berlanjut hingga periode Oktober 2022, sebelum tahapan Pemutakhiran Data Pemilih dimulai pada 14 Oktober 2022.

Meski demikian, KPU Sulut masih akan menunggu arahan dari KPU RI terkait PDPB ini.

(pjb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.