177 views

Kota Tomohon Simpan Peninggalan Sejarah Jepang, Siap Di-explore Pemkot dan Konjen 

oleh -177 views
Walikota Tomohon Caroll Senduk (kiri), Mr Yasue Katsunobu (tengah), dan Judie Turambi (kanan) sebagai pemateri talkshow.

TOMOHON-Sejarah peninggalan Jepang ternyata tersimpan di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara. 

Tak hanya satu, beberapa situs peninggalan tersebut turut memberi pengaruh bagi perkembangan Kota Tomohon sampai kini. 

Pemerhati Sejarah Kota Tomohon Judie Turambi SH mengatakan, walau beberapa situs sudah tidak berwujud tapi keterangan penduduk saksi sejarah Kota Tomohon sangat membantu melengkapi dokumen peninggalan Jepang di Kota Tomohon. 

Di antaranya, Popoh atau kubur perwira Jepang di Jalan Raya Tomohon-Manado, Tempat Pertempuran Tentara Jepang yang dihadang Pasukan KNIL di Tinoor Satu. 

Ada juga Rerengisen atau lokasi pembakaran mayat tentara Jepang di Kakaskasen, Tugu Peringatan Tewasnya Tentara Jepang yang pernah berdiri di Kakaskasen Dua.

Kemudian Cagar Budaya Goa Peninggalan Jepang di Kayawu, maupun Lokasi Perkebunan Nantaku di Rurukan. 

Menyemarakkan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2022, Konsuler Jepang di Makassar akan hadir dalam talkshow dan field trip ‘Jejak Budaya dan Sejarah Peninggalan Jepang di Kota Tomohon’, Minggu (7/8/2022). 

Baca juga:   Kecamatan Tomohon Utara Masih Mendominasi Pemilih Kota Tomohon

Side Event TIFF 2022 yang akan dilaksanakan oleh Pemkot Tomohon, bakal menghadirkan narasumber yaitu Walikota Tomohon Caroll Senduk SH, Konsuler Jepang di Makassar Mr Yasue Katsunobu, dan Pemerhati Sejarah Kota Tomohon Judie Turambi SH. 

Kakaskasen Andreas Roeroe SPi MSc PhD selaku Koordinator Side Event ini menyebut, kiranya ini akan mempererat hubungan Pemerintah Jepang dengan Pemkot Tomohon maupun Provinsi Sulawesi Utara. 

(vhp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.