Pemkot Bitung Siap Tingkatkan Kualitas Air Minum dan Sanitasi

oleh -47 views
Wali Kota Bitung Maurits Mantiri saat mengikuti KSAN tahun 2022 secara virtual

BITUNG – Pemerintah Kota Bitung terus berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kota Cakalang. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas air minum dan sanitasi

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Bitung Maurits Mantiri usai mengikuti Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) tahun 2022 secara virtual, Rabu (25/5/2022).

Maurits mengatakan sesuai instruksi Menteri PPN Suharso Monoarfa Pemkot Bitung siap untuk memperbaiki kualitas air minum dan sanitasi demi mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik.

“Ini memang sebuah tantangan besar dan perlu penyelesaian terintegrasi antara pemerintah dan PDAM,” ujarnya

Ia mengatakan memang akses sanitasi yang aman sangat penting terutama agar air limbah domestik tidak menimbulkan bahaya bagi lingkungan utamanya air minum.

“Sebab meski saat ini banyak peningkatan akses sanitasi dan air minum yang layak bagi masyarakat selama satu dekade terakhir namun tidak diikuti dengan perbaikan kualitasnya dan ini yang menjadi PR bersama,” bebernya.

Baca juga:   Jelang HUT Kota Bitung, Bassgilano Siap Meriahkan FPSL Virtual 2021

Maurits mengatakan, jika peningkatan akses tidak diikuti peningkatan kualitas maka akan mempengaruhi kualitas SDM dan mencerminkan sistem kesehatan nasional yang terganggu.

“Sehingga Pemkot Bitung terus menggalakkan peningkatan kualitas air minum dan sanitasi,” terangnnya

Intinya lanjut dia, Pemkot akan menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua kalangan dalam rangka mencapai tujuan air bersih dan sanitasi layak.

“Ada beberapa target yang akan kita genjot terdiri dari akses terhadap air minum layak, akses terhadap sanitasi layak, kualitas air dan limbah, serta pemanfaatan, pengelolaan dan pelestarian sumber daya air,” beber dia.

Upaya ini lanjut Maurits yang akan terus digenjot dan dijabarkan pada kebijakan, program dan kegiatan yang akan dilakukan. (DRP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.