61 views

Kartal Wakili Kecamatan Motim Dalam Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Minsel Tahun 2022

oleh -61 views

MINSEL – Lomba Desa dan Kelurahan merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk mendorong dan memberi motivasi kepada Pemerintah Desa dan Kelurahan beserta masyarakatnya untuk berlomba dan bersaing dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemerintahan, Pelaksanaan Pembangunan dan Pelayanan kepada masyarakat Desa dan Kelurahan.

Seperti halnya Desa Karimbow Talikuran (Kartal), adalah salah satu Desa yang diutus oleh Pemerintah Kecamatan Motoling Timur (Motim) dalam mewakili dari delapan Desa untuk dinilai dalam Evaluasi Perkembangan Desa yang berlangsung di BPU Desa Karimbow Talikuran pada Kamis (19/5/2022)

Dalam Kegiatan Evaluasi Perkembangan Desa Karimbow Talikuran tersebut, kesempatan Pjs.Hukumtua Kartal Rinni Y Assa,SE memaparkan keberadaan Desa sebagai berikut. Desa Karimbow Talikuran yang disingkat Kartal memiliki Luas Wilayah 2 800 ha, dengan Batas Wilayah yaitu bagian Timur Desa Karimbow, Barat Desa Tokin Baru, Selatan Desa Wakan, Utara Desa Tokin. Desa Kartal kata Kumtua Rinni terdiri dari Enam Jaga, 336 KK dan 957 Jiwa.

Baca juga:   Merasa Kecewa Terhadap Orang Tua, Remaja Warga Maliku Satu Nekat Gantung Diri

“Perlombaan Desa yang menjadi Program Nasional untuk menakar kemajuan Desa dalam perspektif sosio ekonomi dan Pemerintahan harus kita pertahankan. Penyelenggaraan Perlomban Desa tidak boleh kehilangan aura sosialnya. Dalam artian harus berbanding lurus dengan tingkat Peningkatan Partisipasi Masyarakat, karena Pengembangan Desa adalah pilar Pembangunan Nasional,” Ucap Kumtua Rinny Assa.

Diketahui, Indikator penilaiannya meliputi bidang Kemasyarakatan, Bidang Inovasi, Bidang Ekonomi serta bidang Sosial Budaya dan Agama.

Sementara Camat Motim Syultje Mamarimbing S MKesĀ kepada Media mengatakan, tujuan diadakannya Lomba Desa yakni untuk memotivasi setiap Desa agar dapat meningkatkan kinerja dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, Pembinaan Kemasyarakatan, dan Pemberdayaan Masyarakat serta untuk mengetahui Tingkat Kesejahteraan Masyarakat dan Daya Saing Desa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Juara bukanlah satu satunya tujuan dari adanya Perlombaan Desa. Akan tetapi yang terpenting adalah bagaimana kelanjutan program-program itu dapat dijadikan sebagai program bagi Pemerintah Desa dan Masyarakat dalam kehidupan sehari hari. Sehingga hal itu dapat dirasakan manfaatnya oleh Masyarakat,” ucap Camat Syultje Mamarimbing.

Baca juga:   Pemkec Sulta Gelar Rakor Lintas Sektoral, Bersama Pemuka Agama dan Para Hukumtua

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah, Ketua TP-PKK Minsel Elsye Rosye Sumual, Camat Motim Syultje Mamarimbing, S Mkes, Tim Pembina dan penilai utusan dari Kabupaten Minsel serta Tim Pendamping Lomba Evaluasi Perkembangan Desa tingkat Kabupaten, Staf Kecamatan, BPD, LPM, Linmas dan Prades.

(Andy Runtunuwu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.