215 views

BPBD Pastikan Bantuan Bahan Bangunan Akibat Bencana Segera Tersalurkan

oleh -215 views
Kepala BPBD Sangihe Wandu CC Labesi.

TAHUNA – Bencana alam yang menerjang Sangihe sejak awal tahun 2022 di beberapa wilayah, mengakibatkan kerusakan baik itu bangunan publik maupun rumah warga. Namun bantuan untuk menanggulangi kerusakan tersebut akhir-akhir ini dipertanyakan warga karena belum terealiasi.

Menyikapi hal ini, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sangihe Wandu CC Labesi ketika ditemui awak media tidak mengelak belum kucurnya alokasi anggaran untuk bantuan bahan bangunan bagi rumah warga yang mengalami kerusakan akibat bencana alam.

“Kami membutuhkan waktu melakukan review anggaran penanggulangan bencana. Karena BPBD tidak memiliki anggaran statis untuk penanggulangan bencana”, jelas Labesi.

Meski demikian Labesi memberikan jaminan bahwa bantuan berupa bahan bangunan bagi masyarakat yang kediamannya terdampak bencana akan segera dikucurkan.

“Dalam beberapa waktu ke depan realisasi untuk bantuan bahan bangunan bagi masyarakat yang rumahnya terdampak bencana alam akan segera direalisasikan. Kalau anggarannya sudah cair maka BPBD akan segera menunjuk pihak ketiga untuk menyalurkan bahan bangunan tersebut”, ungkap Labesi kembali.

Baca juga:   Canangkan Pekan Panutan Pajak, Gaghana Ajak ASN Taat PBB

Disinggung dimana saja bantuan tersebut akan diberikan, Labesi menyebutkan semua warga yang rumahnya terdampak bencana. Besaran bantuan bahan bangunan tersebut diperhitungkan sesuai dengan klasifikasi kerusakan rumah akibat bencana alam.

“Sejumlah wilayah yang nantinya akan mendapatkan bantuan bencana berupa bahan bangunan tersebut adalah semua warga yang terdampak bencana alam sejak awal tahun 2022 yang tentunya sesuai data yang dimasukan Pemerintah Kelurahan/Kampung yang tersebar di Sangihe dan diantaranya adalah Kelurahan Santiago, Kampung Petta Selatan dan Kampung Petta Timur”, imbuh Labesi dan berharap masyarakat penerima bantuan tetap bersabar.

(sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.