Tiga Bulan TTP 2 Badan di Sangihe Terbayarkan, Saselah: Pimpinan OPD Harus Belajar Ke Dua Badan Tersebut

oleh -244 Dilihat
Ketua Tim Investigasi LPPN RI Darwis 'Plontos' Saselah

TAHUNA – Keluhan pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Sangihe terkait belum terbayarkannnya Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP) sejak Januari 2022 hingga sekarang terus berpolemik. Namun usut punya usut belum terbayarkannya TTP tersebut lebih disebabkan oleh ketidakmampuan sejumlah pimpinan OPD untuk merealisasikan hak pejabat dan ASN.

Meski demikian dari data yang berhasil dirangkum awak media menyebutkan sejak pekan ini sedikitnya sudah ada 2 OPD yang sukses merealisasikan pembayaran TTP hingga 3 bulan yaitu Januari-Maret 2022.

Dua OPD tersebut masing-masing Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD). Sedangkan untuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Daerah sudah terbayarkan TTP untuk satu bulan.

“Benar sejak pekan ini sudah tiga OPD yang terbayarkan TTP. BPBD dan BPPD TTP sudah terbayarkan untuk 3 bulan, sedangkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil baru satu bulan”, ujar Kaban Keuangan Sangihe Jansye Budiman.

Terpisah, Kepala BPBD Sangihe Wandu Labesi ketika ditemui membenarkan bahwa pihaknya telah mencairkan pembayaran TTP pekan lalu.

“Untuk TTP di BPBD sudah terbayarkan sejak pekan ini untuk tiga bulan terhitung Januari-Maret 2022”, ujar Labesi.

Sementara itu Ketua Tim Invetsigasi Lembaga Pemantau Penyelegggara Negara Republik Indonesia (LPPN RI) Darwis ‘Plontos’ Saselah angkat bicara meminta pimpinan OPD jangan hanya tebar pesona saja dan hanya berdiam diri terkait dengan realisasi TTP.

“TTP sangat jelas syarat pembayarannya. Jadi kalau masih ada yang mengeluh kenapa belum terbayarkan maka diri sendirilah yang dievaluasi”, ungkap Saselah.
Olehnya Saselah meminta pimpinan OPD untuk belajar kepada tiga OPD yang sudah mencairkan TTP tersebut. “Silahkan ke OPD-OPD tersebut untuk belajar sehingga TTP tidak lagi menjadi persoalan. Kalau tiga OPD tersebut bisa kenapa OPD-OPD lainnya tidak mampu. Dan berhenti menyalahkan pimpinan daerah terkait TTP sebab kunci realisasi TTP tersebut ada di Pimpinan OPD”, imbuh Saselah.

(sam)

No More Posts Available.

No more pages to load.