Pulau Para Jadi Utusan Sangihe di Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

oleh -24 views
Pulau Para Jadi Utusan Sangihe di Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 (Ist)

SANGIHE – Ditetapkan sebagai unggulan destinasi wisata, Pulau Para di Kecamatan Tatoareng yang berada di gugusan Kepulauan Sangihe diunggulkan untuk mengikuti ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022.

“Kami menetapkan kawasan wisata Pulau Para menjadi utusan Kabupaten Sangihe dalam ajang Anugerah Desa wisata tahun 2022,” ujar Kepala dinas Pariwisata Kabupaten Sangihe, Femmy Montang, Kamis (14/4)

Femmy mengatakan, penetapan Pulau Para khususnya Kampung Para Lelle tersebut karena memiliki keindahan alam yang mempesona khususnya hamparan pasir putih dan pemandangan alam bawah lautnya yang eksotis.

Pantai Nitu dan Pantai Dua Sawang adalah dua dari delapan pantai di pulau tersebut dengan pemandangan yang indah dihiasi hijaunya pepohonan dan hamparan pasir putih.

Bermacam biota laut akan membuat candu para wisatawan baik lokal maupun asing untuk melakukan snorkling dan diving.

Kondisi ini menjadi modal pemerintah daerah melalui dinas pariwisata dan berbagai asosiasi yang bergerak di bidang kepariwisataan seperti Asidewi Sulut untuk mengembangkan potensi wisata tersebut.

Baca juga:   Roy Suryo Sebut Video Pemersatu Bangsa Mirip Nagita Slavina Bukan Rekayasa

“Rintisan dan strategi pengembangannya sudah mulai kami lakukan sejak kini dengan dukungan pemerintah Kampung Para Lelle beserta Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dan seluruh warga masyarakat,” ungkapnya.

Namun dia menyadari, masih ada kendala yang dihadapi yaitu listrik dan jaringan internet. Namun demikian, kendala ini tidak menyurutkan semangat untuk mengembangkan desa wisata ini.

Dinas pariwisata bersama pemerintah kampung pun menghubungi langsung PT PLN (Persero) Tahuna dan Dinas Kominfo.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Sangihe, Melanchton Harry Wolff mengatakan bahwa sektor pariwisata merupakan salah satu kegiatan yang akan menggerakkan ekonomi daerah.

Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah Kabupaten Sangihe dalam peningkatan ekonomi inklusif atau ekonomi kerakyatan, di mana yang diharapkan akan terjadi geliat ekonomi di masyarakat.

Karena, lanjut dia, melalui kegiatan pariwisata akan membuka pasar yang dilakukan dan disajikan oleh masyarakat itu sendiri, sehingga manfaat yang diterima adalah lebih banyak ke masyarakat.

Baca juga:   Libatkan 2 Oknum Polisi, Komplotan Pemeras Uang Ratusan Juta di sangihe Ditangkap

Destinasi wisata di wilayah Kecamatan Tatoareng, khususnya di Pulau Para, menawarkan pesona keindahan alamnya, namun masih terus diupayakan untuk didukung dengan kesiapan masyarakatnya.

“Sebab, sebagian besar para pelaku wisata adalah mengarah ke aktivitas kebudayaan atau kultur yang selama ini mengakar di kehidupan masyarakatnya,” pungkasnya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.