Suntikan Vaksinasi Batalkan Puasa? ini Penjelasan MUI

oleh -335 Dilihat

JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 saat berpuasa.

Sekretaris Jenderal MUI, Amirsyah Tambunan menjelaskan suntikan vaksinasi tidak membatalkan puasa.

Amirsyah mengatakan, dalam fatwa itu disebut vaksinasi merupakan proses pemberian vaksin dengan cara disuntikkan atau diteteskan ke dalam mulut untuk meningkatkan produksi antibodi guna menangkal penyakit tertentu.

Menurut dia, Pemberian vaksinasi juga dilakukan melalui injeksi intramuskular dengan cara menyuntikkan obat atau vaksin melalui otot.

“MUI sudah mengeluarkan fatwa (bahwa) vaksin tidak membatalkan puasa. Karena tidak masuk dari rongga yang membatalkan ibadah puasa,” ujarnya, dikutip Selasa (29/3)

vaksinasi juga, lanjut Amirsyah, dibutuhkan untuk memelihara kesehatan fisik. Sekaligus juga menjadi kewajiban masyarakat untuk terus memperkuat imun dalam rangka menurunkan penyebaran Covid-19.

Ia mengungkapkan, percepatan vaksinasi Covid-19 membutuhkan setidaknya tiga hal yaitu literasi, edukasi, dan sosialisasi.

“Yang pertama tentu literasi terkait ketika vaksin itu bagaimana supaya lebih efektif dan masyarakat menerima dengan baik tentu harus diiringi setelah itu edukasi. Yang ketiga adalah sosialisasi, 3 hal ini menurut saya kata kunci. Saya mengajak kaum muslimin jadikan momentum ini untuk mempersiapkan diri kita menjelang ibadah puasa,” pungkasnya.*

No More Posts Available.

No more pages to load.