Pemkab Minsel Lewat Bupati FDW, Audiensi Bersama Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata Semarang

oleh -31 views

MINSEL – Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny wongkar,SH menggelar pertemuan dengan Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata Semarang yang diwakili oleh dr. Indra Adi Susianto, MSi. Med, Sp.OG selaku Dekan Fakultas Kedokteran, dr. Fransiska P. Hardimarta, MSi. Med selaku Ka. Program Studi, Perigrinus H. Sebong, MPH (Programer FL-KKN Komunitas), dr. Vania Angeline Bachtiar, Sp.N (Sekretaris Satgas Persiapan KKN) pada Senin, (14/3/2022) yang bertempat diruang rapat Bupati Minsel.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI telah mempromosikan transformasi kesehatan Indonesia 2021-2024. Transformasi yang dimaksud mencakup berbagai hal termasuk pusat pelayanan primer dan sekunder, respons kedaruratan, reformasi bidang pendanaan, bidang budaya dan sumber daya manusia, hingga teknologi dan sistem data.

Salah satu pilar dalam transformasi sistem kesehatan adalah transformasi SDM kesehatan, dengan meningkatkan kuantitas, distribusi, dan kualitas tenaga kesehatan. Saat ini masih banyak masyarakat yang belum bisa mendapatkan akses ke dokter dan pelayanan yang layak dari tenaga kesehatan, terutama yang tinggal dipelosok daerah.

Baca juga:   Lansia Warga Ongkau Diamankan Polisi Akibat Tertangkap Tangan Main Togel

Demi mengoptimalkan SDM kesehatan terdistribusi secara adik dan merata maka FK Unika, melalui tridharma pendidikan akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Komunitas (KKN) di Kabupaten Minahasa Selatan.

Sehubungan dengan itu Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan lewat Bupati Franky Donny Wongkar,SH menyambut dengan gembira Tim dari FK Unika Soegijapranata untuk melaksanakan Program KKN Komunitas ini dengan melihat besarnya kebutuhan tenaga medis di Kabupaten Minahasa Selatan.

Program KKN komunitas merupakan salah satu komponen dari proses perencanaan karir yang tersedia bagi mahasiswa FK Unika Soegijapranata. Program ini dirancang untuk mengintegrasikan Mahasiswa, sistem kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan, populasi, dan Perguruan Tinggi dalam kemitraan guna mempersiapkan calon dokter profesional sekaligus memberi pengalaman karir lebih awal kepada Mahasiswa. Pengalaman terkait karir dokter di DTPK ini akan meningkatkan tujuan pendidikan sambil berkontribusi pada visi-misi program studi.

Baca juga:   Peduli Sesama, Excelsis Rembang Serahkan Bansos Ke Panti Asuhan Gideon di Matani

Program KKN komunitas memiliki 3 tujuan utama yaitu :

Pertama :
menyediakan sumber daya untuk membantu pemerintah daerah di bidang pelayanan  kesehatan, kesehatan masyarakat, pemanfaatan herbal untuk medis, layanan sosial;

Kedua :
Membantu kapasitas dinas kesehatan dan Puskesmas untuk meningkatkan kinerja dan  efektivitas mereka secara keseluruhan dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat;

Ketiga :
Memberikan mahasiswa kedokteran FK Unika Soegijapranata pengalaman belajar terapan yang berharga dengan menghubungkan mereka dengan peluang di komunitas yang menghadapi kesenjangan kesehatan masyarakat dan masalah sosial-ekonomi lainnya yang  berdampak pada kesehatan.

Program KKN Komunitas adalah program inovatif FK Unika Soegijapranata yang memiliki tujuan membantu fasilitas pelayanan kesehatan dan masyarakat dengan berfokus langsung pada penanganan masalah kesehatan masyarakat atau kesenjangan kesehatan di komunitas yang kurang terlayani, yang memiliki tantangan sosial, geografis dan ekonomi terutama di DTPK.

Baca juga:   Rayakan HUT TNI ke-74, Polres Minsel dan Jajaran Sambangi Kantor Koramil

Nampak Bupati FDW saat Audiensi dengan Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata Semarang, turut didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Benny V. J. Lumingkewas, Kepala Dinas Kesehatan dr. Erwin Schouten, dan Kabag. Kerja Sama Sekretariat Daerah, Plan O. Yonathan, S.STP.

(Andy Runtunuwu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.