Begini Upaya Kapitalau Desa Apengsala Kembangkan Sektor Perikanan

oleh -15 views
Kapitalau Apengsala, Rulans Makalare

SITARO – Perikanan merupakan sektor unggulan Kampung Apengsala, dan ini yang akan kita genjot kedepannya. Demikian yang diungkapkan oleh Kapitalau Kampung Apengsala Kecamatan Tagulandang, Rulans Makalare, saat bincang-bincang oleh awak media ini diruang kerjanya.

“Masyarakat Apengsala 99 persen berprofesi sebagai nelayan, karena itu sangatlah wajib untuk dikembangkan”kata Makalare.

Sebagai langkah awal, lanjut Makalare, saya akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk bantuan perahu, mesin sekaligus alat tangkap seperti kail dan jala, bagi para nelayan.

“Sudah barang tentu, ini harus melalui pembentukan kelompok nelayan serta pengajuan proposal”tuturnya.

Dan kedepannya, sambung Makalare lagi, hasil tangkapan para nelayan tidak hanya akan dipasarkan di Pulau Tagulandang saja.

“Jika hasilnya baik, maka kami akan mencoba melirik pasar yang lebih baik diluar, seperti dikota Manado dan sekitarnya” ucap Makalare.

Tak hanya soal upaya meningkatkan ekonomi, sambung dia, selaku anak nelayan yang semasa masih kecil sering menghabiskan waktu di laut untuk mencari ikan, saya paham betul situasi dan kondisi yang dialami oleh para nelayan. Angin, badai disertai hujan yang kerap dijumpai saat sedang melaut, tentu menjadi memiliki resiko yang sangat besar bagi nelayan, karena itu semua nelayan di Apengsala wajib diproteksi dengan asuransi ataupun BPJS Nelayan.

Baca juga:   Kronologi Perempuan Tagulandang Tikam Suami yang Memukulinya Saat Mabuk

“Saya akan berupaya agar semua bisa tercover dalam BPJS Nelayan, sehingga jika ada kemungkinan terburuk terjadi pada mereka(nelayan, red) tentunya asuransi/BPJS Nelayan bisa men take over semua yang diperlukan”bebernya.

Disatu sisi, dirinya pun meminta dukungan dari semua pihak terkait, sehingga apa yang direncanakan ini boleh terwujud.

“Saya pun meminta dukungan dari semua stake holder yang ada, agar apa yang menjadi kerinduan saya untuk masyarakat Apengsala boleh tercapai,”pungkasnya. (Gustap Pansing)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.