Bupati Minsel FDW Ikut Rakorteknas Sinergi Ditjen PKH Kementerian Pertanian RI

oleh -147 Dilihat

MINSEL – Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH menghadiri Rakorteknas Sinergi Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI Tahun 2022 yang didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Franky Pasla,SE,M.Si, Kepala Bidang PKH dr. Ketut wahyudiarta, yang bertempat di Gedung
International Convention Exhibition (ICE) bumi serpong damai tangerang, pada Selasa (8/3/2022).

Kegiatan ini dalam rangkaian acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakorteknas) Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Tahun 2022 tersebut yang dibuka oleh Menteri Pertanian RI Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan MoU Pengembangan Budidaya Sarang Burung Walet antara Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dengan Kementerian Pertanian

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Dr. Ir. Nasrullah. M.Sc. MoU yang ditandatangani terkait dengan Pengembangan Budi Daya Sarang Burung Walet di Minahasa Selatan, sebagai Program Super Prioritas Kementan melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Tahun 2022 – 2024 di Provinsi Sulawesi Utara.

Adapun ruang lingkup kegiatan tersebut meliputi Peningkatan Jumlah produksi melalui penambahan gedung / Rumah Burung Walet (RBW), Peningkatan SDM pasca produksi diantaranya Pelatihan Tenaga Pencucian Sarang Burung Walet.

Penandatanganan MoU Pengembangan Budidaya Sarang Burung Walet tersebut tak lepas dari usaha Pemkab Minsel di bawah pimpinan Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Minsel Pdt Petra Yani Rembang,M.Th yang beberapa waktu yang lalu mengunjungi Kantor Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian.

Terkait Budidaya Sarang Burung Walet, dan
diketahui untuk kegiatan Pengembangan Sarang Burung Walet sendiri hanya di prioritaskan di 4 Provinsi se Indonesia, yakni Provinsi Kalimantan Utara di Kabupaten Tana Tidung, Provinsi Nusa Tenggara Barat di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Parigi Moutong, dan Provinsi Sulawesi Utara di
Kabupaten Minahasa Selatan.

Dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan membuka peluang bagi masyarakat Minsel untuk mendukung program pemerintah yaitu Gratiks, (Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor) Komoditas Pertanian, disamping itu terciptanya lapangan kerja pencucian sarang burung walet serta menambah nilai tambah peternak dan pelaku usaha burung walet di Minahasa Selatan yang saat ini sudah memiliki 88 Unit Bangunan yang eksis, kedepannya akan dikembangkan sebanyak 600 Unit bangunan.

(Andy Runtunuwu)

No More Posts Available.

No more pages to load.