Aktivitas Gunung Soputan Alami Peningkatan, Warga Diminta Waspada

oleh -24 views
Gunung Soputan (Ist)

MITRA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Tenggara himbau warga agar tetap mewaspadai aktivitas Gunung Soputan.

Diketahui, gunung tersebut mengalami peningkatan aktivitas beberapa hari terakhir.

“Kami minta warga waspadai peningkatan aktivitas Gunung Soputan. Ini berdasarkan laporan dari pos pemantau, karena dalam beberapa hari terakhir ada peningkatan aktivitas,” ujar Kepala BPBD Minahasa Tenggara, Jhony Kolinug, Senin (7/3/2022).

Jhony mengatakan, berdasarkan laporan tersebut telah terjadi peningkatan kegempaan di Gunung Soputan selama beberapa hari terakhir.

“Memang ada peningkatan aktivitas kegempaan. Namun, kondisi saat ini status Gunung Soputan masih pada level dua atau waspada,” ucapnya.

Terkait perubahan aktivitas itu, pos pemantau Gunung Soputan akan terus melakukan evaluasi serta pemantauan secara intensif.

“Nantinya akan ada evaluasi secara berkala dengan adanya peningkatan aktivitas Gunung Soputan ini. Tapi kami ingatkan masyarakat tidak perlu panik, tapi tetap untuk waspada,” ungkapnya.

Baca juga:   Peringatan Dini! Waspadah Gelombang Tinggi Hantam Manado

Sementara, bagi pemerintah kecamatan dan desa mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di sekitar Gunung Soputan radius 1,5 kilometer.

“Kami berharap pemerintah di desa dan kecamatan memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di sekitar gunung,” pungkasnya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.