Staf Khusus Presiden Janji Sampaikan Aspirasi Pelaku Usaha Perikanan di Bitung ke Jokowi

oleh -161 Dilihat
FGD Pemkot Bitung dengan Staf Khusus Presiden Jokowi Jumat (4/3/2022)

BITUNG – Upaya pemerintah Kota Bitung untuk kembali menggeliatkan sektor perikanan terus mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Tak hanya sebatas tingkat kementerian, namun program pengembangan sektor perikanan di Bitung juga menjadi catatan penting Presiden Joko Widodo.

Bahkan pada Jumat (4/3/2022) kemarin, Staf Khusus Presiden, Gracia Josaphat Jobel Mambrasar yang akrab disapa Billy Mambrasar kembali mendatangi Bitung untuk membahas isu strategis dalam menggeliatkan kembali sektor perikanan di Bitung

Diketahui Billy datang ke Bitung untuk menghadiri Forum Group Discussion (FGD) dengan tema konsep perikanan tangkap dan terukur yang digelar secara hybrid dari Rumah Dinas Wali Kota Bitung.

Kedatangan staf khusus presiden tersebut diterima langsung Wali Kota Maurits Mantiri dan Wakil Wali Kota Hengky Honandar

Dalam keterangannya, Bili menjelaskan ada beberapa poin yang menjadi catatan penting dalam FGD tersebut.

“Dimana perbaikan ekosistem harus dilakukan terlebih dahulu sebelum pendataan, kemudian adanya aplikasi dari sistem kultur yang nantinya dapat diimplementasikan. Jadi bukan tentang boleh atau tidak tetapi aspirasi dari pelaku usaha menengah dan nasional perlu diserap dalam timeline yang tepat,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Billy juga menyebutkan adanya sistem yang membuat tingginya operational cost dan tidak seimbang dengan peningkatan kapasitas pelaku usaha menengah dan nasional serta bertentangan dengan tujuan pemerataan.

“Nah, ketidakpastian dalam peraturan perundang-undangan itu yang perlu dicari solusinya,” terang dia.

Billy pun berjanji hasil FGD tersebut akan dibawa, untuk dikomunikasikan langsung dengan presiden Joko Wiidodo.

“Intinya impian pak maurits dan hengky untuk kembali membangkitkan sektor perikanan harus kita dukung. Saya sudah mencatat semuanya. Hal ini akan saya komunikasikan langsung pada presiden dan juga instansi vertikal terkait, termasuk catatan untuk pelaku usaha mengenai pengelolaan lingkungan,” tandasnya.

Sementara, Wali Kota Bitung Maurits Mantiri mengucapkan terimakasih kepada Billy untuk kedua kalinya datang di Kota Bitung.

“Terimakasih kepada pak Billy, semoga hasil dari FGD ini secepatnya bisa ditindaklanjuti untuk dicarikan solusinya,” singkat Maurits.

Sekedar informasi dalam FGD tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Perikanan Pemprov Sulut, Tineke Adam, Vice President Krakatau International Port Emil Fahmi, Sekretaris Kota Bitung Audy Pangemanan serta jajaran pejabat di lingkup Pemkot Bitung. (DRP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.