42 views

Sosok Angelina Sondakh, Mantan Noni Sulut yang Terlibat Kasus Korupsi Kini Dibebaskan

oleh -42 views
Angelina Sondakh saat meninggalkan lapas Kamis (3/3/2022)

MANADO – Nama Angelina Sondakh sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia, khususnya di Provinsi Sulawesi Utara.

Pasalnya ia merupakan artis sekaligus politisi berdarah kawanua, yang meniti karir dari Sulawesi Utara hingga berhasil meraih puncak dalam ajang Putri Indonesia tahun 2001.

Kini mantan anggota DPR RI tersebut telah menghirup udara bebas setelah menjalani masa tahanan sembilan tahun lima bulan 10 hari di Lapas Perempuan Kelas IIA Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Angelina Sondakh keluar dari Lapas sekitar pukul 06.22 WIB. Saat meninggalkan lapas, mantan istri almarhum Adjie Massaid itu juga tak kuasa menahan tangis dan meminta maaf atas perbuatannya.

“Pertama-tama saya ingin minta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia karena perbuatan saya yang kemarin tidak terpuji, tidak patut ditiru, tidak patut untuk dicontoh dan saya sangat menyesal,” kata Angelina Sondakh di Jakarta, Kamis.

Angelina Sondakh juga meminta maaf kepada kedua orang tua serta anaknya. Dia mengaku mendapatkan banyak pelajaran atas kasus yang menimpanya tersebut.

“Saya berterima kasih kepada Allah yang sudah menampar saya hingga saya harus membayar bertahun-tahun dibina di dalam penjara,” ujar Angelina.

Baca juga:   Profil Anggia Kloer Gadis Cantik Asal Manado yang Dihadiahi Apartemen dan Mobil oleh Edhy Prabowo

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwilkumham DKI Jakarta, Marselina Budiningsih mengatakan, Angelina Sondakh menjalani program cuti menjelang bebas (CMB).

Marselina mengatakan, selama menjalani cuti Angelina masih harus menjalani wajib lapor. Apabila melanggar maka izin cuti akan dicabut.

“Pada hari ini dia menjalani cuti menjelang bebas tapi masih ada kewajiban untuk melapor di Bapas. Kemudian menjalani cuti menjelang bebas artinya harus mengikuti peraturan. Tidak boleh ada pelanggaran hukum,” ujar Marselina.

Dia mengatakan, Angelina Sondakh berkelakuan baik dan aktif mengikuti berbagai kegiatan selama menjalani masa hukumannya di Lapas Perempuan Kelas IIA Pondok Bambu.

“Dia aktif di kegiatan pembinaan, ada 18 kegiatan pembinaan yang diikuti,” tutur Marselina.

Diketahui Angelina Sondakh dihukum 10 tahun penjara dan resmi ditahan pada 27 April 2012 atas kasus korupsi proyek Wisma Atlet Palembang.

Mantan Putri Indonesia 2001 itu juga didenda Rp500 juta subsider enam bulan kurungan serta diharuskan membayar uang pengganti Rp2,5 miliar dan 1,2 juta dolar AS subsider satu tahun penjara.

Sosok Angelina Sondakh

Dari informasi yang dihimpun Angelina Patricia Pinkan Sondakh lahir pada 28 Desember 1977.

Baca juga:   Pasien yang Sembuh dari Covid-19 di Sulut Meningkat, Manado Terbanyak

Ia merupakan seorang artis, politisi dan model asal Indonesia dan mulai dikenal setelah mewakili Provinsi Sulawesi Utara dan terpilih menjadi pemenang pada kontes kecantikan nasional, yaitu Puteri Indonesia 2001.

Tak hanya berkarir sebagai artis ia juga terjun ke dunia politik dan terpilih sebagai Anggota DPR Republik Indonesia periode 2004–2009 dan 2009–2014 dari Partai Demokrat.

Sebagai seorang model, Angelina pun telah mengantongi banyak prestasi dimana pada tahun 1993, dia meraih penghargaan “Outstanding Effort in Maths, Textile & Design and Scripture” Presbyterian Ladies Collage, Sydney, kemudian Certificate of Merit in Chemistry” Armidale Public High School, Armidale, NSW 1994 serta Juara III Puteri Ayu Manado (1995).

Selain itu ia juga meraih sejumlah penghargaan pada tahun 1995

– Juara I dan Juara Favorit Puteri Pixy Manado

– Juara I dan Favorit Cewek Keren Manado

– Juara I dan Puteri Intelegensia, Puteri Kencana Manado

– Juara I Puteri Pantai Manado

– Juara I dan Puteri Intelegensia sebagai Puteri Simpatik Manado

– Juara I Wulan Minahasa

– Juara I, Favorit & Busana Terbaik, Puteri Cempaka Manado.

Baca juga:   Tinjau Kesiapan Operasi Lilin 2021, Kapolda Sulut Larang Pawai Perayaan Nataru

Angelina juga memborong banyak penghargaan pada tahun 1996-2002

– Juara I Noni Sulut

– Juara I lomba Pidato Bahasa Inggris se-Sulut

– Juara I Lomba Debat Ilmiah se-Sulut

– Juara I Penataran P-4 Unika Atmajaya

– Juara I Lomba Pemandu Wisata Sulawesi Utara (1997).

– Miss Novotel Manado tahun 1999

– Miss Novotel Indonesia tahun 2000

–  Puteri Indonesia 2001

Selain itu Angie sapaan akrabnya juga memiliki prestasi lain, yakni Penghargaan Satya Karya Kemerdekaan dari Menteri Sosial Republik Indonesia yang diterimanya ada 17 Agustus 2002

Kehidupan Pribadi Angelina Sondakh

Pernikahannya dengan Adjie Massaid pada 29 April 2009 berakhir setelah Adjie meninggal dunia pada 5 Februari 2011. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Keanu Jabaar Massaid (lahir 9 September 2009).

Setelah kelahiran Keanu, Angelina telah mengalami dua kali keguguran, termasuk tiga hari, setelah kematian Adjie.

Setelah namanya disebut terkait korupsi proyek wisma atlet SEA Games di Palembang dan dipanggil KPK untuk dimintai keterangan, namanya mulai dikaitkan menjalin asmara dengan seorang penyidik di KPK berininsial “BS”. Sejumlah media menyebut, BS adalah Raden Brotoseno. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.