Quartararo Minta Sirkuit Mandalika Diaspal Lagi, Alex Marquez: Boom! Leher Saya Kena Batu

oleh -162 Dilihat

MANDALIKA – Jelang bergulirnya MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret mendatang, Pembalap MotoGP meminta dilakukan beberapa perbaikan di lintasan.

Diantaranya meminta lintasan sirkuit dirapikan, khususnya masalah debu, kerikil, dan aspal.

Bahkan, Fabio Quartararo sang juara dunia MotoGP 2021, minta agar lintasan diaspal ulang.

Tes MotoGP di Sirkuit Jalan Raya Mandalika sudah selesai digelar pada 11-13 Februari kemarin.

Tentu lintasan sirkuit Mandalika tak lepas dari kritik dan saran, khususnya dari para pebalap, Sebagai lintasan baru di seri balap motor kelas dunia

Mereka butuh lintasan yang bersih, mulus, dan aman. Sejauh ini, hal itu dirasa belum maksimal.

Keluhan sudah mulai muncul dari para pembalap Sejak hari pertama, Banyak batu berterbangan mengenai mereka saat motor melaju kencang di lintasan, membuat para rider kesakitan.

Dilaporkan Crash, batu-batu kecil itu diduga terlepas dari struktur jalanan saat dilewati ban motor.

“Bagian terburuk adalah tikungan 1 dan tikungan terakhir. Tarmac-nya seperti berbeda, dan di tikungan 1 kalian bisa lihat batu,” ungkap Alex Marquez, Jumat (11/2/2022) melansir sport.detik.com

“Saya di belakang seseorang, dan sulit dipercaya, seperti ditembak dan semacamnya. Boom! leher saya kena batu. Tikungan 1 yang paling buruk,” ujar Alex.

Darryn Binder pun mengalami hal serupa.

“Sangat tak bagus berada di belakang seseorang, karena ‘ditembak’ oleh batu-batu dan debu,” pungkas Binder.

Sirkuit Mandalika bukannya tanpa pujian. Area runoff yang besar membuat para pebalap merasa nyaman. Tapi kotornya lintasan membuat mereka ketakutan.

“Trek ini, ukuran area runoff-nya salah satu yang terbaik. Tapi ketika saya membalap di belakang Franco (Morbidelli), saya terkena banyak kerikil di leher dan bagian kaca helm saya,” kata Quartararo.

“Itu baru di belakang Franco, lho. Bayangkan jika ada 3-5 rider di depan saya dan harus melakukan banyak putaran,” ungkap juara bertahan MotoGP itu.

Quartararo pun meminta ada perbaikan di sirkuit sebelum MotoGP Mandalika digelar. Ia juga mengeluhkan tikungan 1, sama seperti Alex Marquez.

“Terutama di tikungan 1 sampai tikungan 7, tarmac-nya seperti terkelupas. Untuk balapan nanti, tikungan 1 perlu diaspal lagi. Betul-betul kacau di sana. Dalam tiga hari bisa terlihat kalau jalanannya makin lama makin rendah,” ujar Quartararo.

“Treknya sih aman, masalahnya cuma tarmac-nya terlepas. Ini masalah terbesarnya,” tungkas Quartararo.*

No More Posts Available.

No more pages to load.