RSUP Prof Kandou, RS Jantung Harapan Kita, dan PERKI Upgrade Layanan Kardiovaskuler di Sulawesi Utara

oleh -45 views

MANADO-RSUP Prof dr R.D Kandou Manado menjalin kerjasama dengan RS Jantung Harapan Kita Jakarta, Ikatan Dokter Indonesia, dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (PERKI). 


Pada Jumat (05/02/2022) pagi, dilaksanakan webinar kesehatan Manado Vascular Class Chapter 1.


Mengangkat tema Vascular Disease In Daily Practice: Venous & Peripheral Arterial Disease. 


Ketua Pokja Vaskular PP PERKI Dr dr Hananto Andriantoro SpJP(K) FIHA menjelaskan, vaskuler disease adalah sebuah penyakit serius dan bisa mematikan.


Karena itu harus ditangani secara khusus dan dipelajari secara baik oleh semua dokter dengan tingkatan kompetensi masing-masing.


Untuk Spesialis Jantung (dokter), lanjut Hananto, dia juga harus mengetahui penyakit vaskuler. Demikian juga dokter umum juga harus mengetahui kapan mulai merujuk dan memberikan terapi.

Supaya pasien-pasien dengan penderita penyakit kardiovaskuler bisa masuk dalam suatu sistem rujukan yang baik. 


“Tidak ada kata terlambat dan tidak ada  kata salah diagnosis. Karena ini adalah sebuah kewajiban seorang dokter dalam memberikan pelayanan kepada seluruh pasien penderita penyakit kardiovaskuler,” jelas Hananto. 

Baca juga:   Dokter Debie Kalalo dan Jajaran Komit Beri Pelayanan Terbaik

Narasumber dalam kegiatan webinar tersebut antara lain dr RWM Kaligis SpJP(K) FIHA, Dr dr Iwan Dakota SpJP MARS FIHA FESC FACC FSCAI, dr Suko Adiarto SpJP(K) PhD FIHA FICA FAsCC, dr Vito Damay SpJP(K) FIHA.


Ada juga dr Suci Indriani SpJP(K) FIHA, dan dr Taofan SpJP(K) FIHA FICA FAsCC. Dengan moderator dr Agnes Lucia Panda SpPD SpJP(K) FIHA FAsCC, serta dr Dewi Utari Djafar SpJP(K) FIHA FAsCC. 


Sementara itu, Direktur Utama RSUP Kandou Manado Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD saat membuka kegiatan webinar menyatakan terima kasih atas dukungan RS Jantung Harapan Kita Jakarta termasuk Dr dr Hananto Andriantoro SpJP(K) FIHA, juga Dr dr Iwan Dakota SpB-KBD.


Di mana telah berupaya keras untuk membangun pelayanan jantung di Provinsi Sulawesi Utara melalui RSUP Prof dr R.D Kandou Manado. 


“Langkah ini juga sangat menopang upaya peningkatan kualitas pendidikan Spesialisasi Jantung dan Pembuluh Darah karena di Fakultas Kedokteran Unsrat memiliki Center Pendidikan Kardiovaskuler,” tandasnya. 

Baca juga:   Dua Direktorat RSUP Kandou Resmi Berganti Nama

(vhp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.