Dirikan National Park Babe Palar, Judie Turambi Segera Kumpul Insinyur dan Ahli Pertamanan

oleh -33 views
Kiprah Pahlawan Nasional LN Palar atau akrab disapa Babe Palar ketika memperjuangkan Indonesia masuk sebagai anggota PBB.

TOMOHON-Taman Nasional Babe Palar digagas Judie Turambi SH untuk segera dibangun. “Karya dan perjuangan Babe Palar akan diabadikan dalam bentuk National Park Babe Palar atau Taman Nasional Babe Palar,” ucap Turambi.


Kabar baiknya bahwa pengusaha sukses Tomohon di Jakarta telah menyatakan kesiapan menyumbangkan anggaran untuk membangun taman seluas kira-kira 5.000 meter persegi itu. 


“Oleh sebab itu kami akan menghimpun para arsitek jebolan dalam dan luar negeri dan ahli pertamanan yang semuanya orang Tomohon, untuk mendesain dan mengonkritkan ide ini,” ujar Turambi yang juga penulis buku Lambertus Nicodemus ‘Babe’ Palar, The First Indonesian Ambassador to the United Nations bertajuk Diplomat Legendaris Indonesia From Tomohon to New York ini. 


Pertemuan akan dilaksanakan pekan depan atau awal minggu ke-2 Bulan Februari. 

Lanjut Turambi, dalam taman tersebut akan dibangun patung dada Babe Palar. Disertai deskripsi perjuangan Babe Palar, ada perpustakaan, ada ruangan foto berisi perjuangan Babe Palar di Luar Negeri, PBB, sebagai anggota Tweede Kamer di Belanda. 

Baca juga:   Tekaan Telu Tomohon, Eksotisme Wisata Alam dari Starting Point hingga Viewing Deck


“Ada juga cafe dan tempat parkir yang tentunya akan ditata pertamanannya yang baik,” ujar Turambi. 


Dirinya menyebut, ide ini mendapat respons oleh orang-orang Tomohon di USA, Belanda, Austraia, Yunani, Jakarta, Papua, Kalimantan, Makassar, Surabaya, serta tentunya Manado dan Tomohon.

Sebagai penggagas, tambah Turambi, pembuatan taman nasional ini bertujuan agar perjuangan dan karya Babe Palar di Republik Indonesia ini terus diingat. Dan berharap akan menjadi lokasi pariwisata sejarah.


Sebagai Pahlawan Nasional asal Tomohon, Babe Palar merupakan tokoh kunci diterimanya Indonesia menjadi anggota PBB ke-60. 


Judie Turambi selaku penggagas, adalah orang yang berhasil memperjuangkan Babe Palar (Lambertus Nicodemus Palar) menjadi Pahlawan Nasional.


Selain itu berhasil memperjuangkan BW Lapian dan Mr AA Maramis menjadi Pahlawan Nasional. Juga berhasil melobi Bank Indonesia sehingga Perpustakaan Babe Palar berdiri di Rurukan. 


(vhp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.