2 views

RDT Antigen di Bandara Sempat Dikecam, Gubernur OD: Itu Cara Paling Ampuh Jamin Keselamatan Warga

oleh -2 views
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE memberikan keterangan pers usai Rapat Paripurna DPRD Tomohon dalam rangka Hari Jadi Kota ke-19 Tahun, di Aula Edelweis, Kecamatan Tomohon Tengah, Sabtu (29/01/2022).

TOMOHON-Pemberlakuan pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen terhadap penumpang yang tiba di Bandara Sam Ratulangi ternyata mendapat kecaman sejumlah pihak. 


Hal tersebut diungkapkan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE dalam sambutannya di acara Rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon, Sabtu (29/01/2022) pukul 09.00 Wita. 


Meski begitu, sebut Gubernur OD, kebijakan tersebut dilakukan karena Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara ingin menjamin keselamatan masyarakat di Bumi Nyiur Melambai. 


“Itulah cara paling ampuh agar tidak menyebar varian baru Covid-19 ke masyarakat Sulut,” kata suami dari Ir Rita Tamuntuan ini. 


Gubernur OD pun mengingatkan seluruh masyarakat Sulut agar tetap mawas diri tapi tidak khawatir berlebihan. 


“Walau varian Omicron sifat penularannya sangat cepat, namun dapat dihindari dengan taat protokol kesehatan dan ikut vaksinasi,” tutur Gubernur OD. 


Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sulawesi Utara dr Steaven Dandel MPH memastikan bahwa telah terdeteksi 4 kasus varian Omicron di daerah ini. 

Baca juga:   35.249 PNS Bersiap Pindah Tempat. Mutasi Bakal Dilakukan


Keempatnya merupakan pelaku perjalanan luar negeri atau PPLN yang tiba di Sulawesi Utara pada akhir Desember 2021. 


“Keempat kasus tersebut kala itu berstatus sebagai probable Omicron dan diisolasi di RSDL Kitawaya,” terangnya. 


Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Sulawesi Utara, lanjutnya, baru merilis keempat kasus tersebut sebagai kasus varian Omicron pada 28 Januari 2022. Karena hasil Whole Genome Sequencing (WGS) baru diterima dari Balitbangkes Kemenkes RI.


Sebelum hasil resmi keluar dari Balitbangkes, tambah Dandel, keempat kasus tersebut telah dinyatakan sembuh dan selesai menjalani isolasi dengan hasil PCR Negatif.


(vhp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.