Presiden Terima Usulan Nama Putra Putri Terbaik Sulut. Momongan – Malonda Kans Komisioner KPU-Bawaslu RI

oleh -13 views
Presiden Jokowi menerima tim seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Kamis (6/1/2022). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

MANADO — Sebanyak 14 nama calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan 10 nama calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI sudah diserahkan kepada Presiden RI Joko Widodo, Kamis (6/1/2022).

Bertempat di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Presiden RI Joko Widodo menerima 11 orang Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Calon Anggota Bawaslu masa jabatan 2022-2027.

Dikatakan Ketua Tim Seleksi Juri Ardiantoro, pihaknya sudah melaporkan mengenai proses seleksi selama tiga bulan, mulai dari pengumuman pendaftaran, penerimaan pendaftaran, seleksi administrasi, tes tertulis, tes psikologi, tes kesehatan, wawancara, kemudian juga profiling atau menggali rekam jejak dari setiap bakal calon.

“Kami sudah menyampaikan 14 nama calon anggota KPU dan 10 nama calon anggota bawaslu yang sudah kami putuskan melalui rapat pleno tim seleksi, Rabu (5/1/2022),” kata mantan Komisioner KPU RI ini.

Selanjutnya Presiden akan menyampaikan nama-nama yang sudah diputuskan tim seleksi kepada DPR RI. Dan DPR RI akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap nama-nama calon yang telah diputuskan. Dan nantinya akan dipilih setengah dari calon yang sudah diajukan Presiden.

Baca juga:   Peringatan Dini BMKG, Waspada 27 Wilayah Indonesia Berpotensi Cuaca Ekstrim

Ketentuan ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, tepatnya pada Pasal 10 ayat (1) huruf a dijelaskan bahwa jumlah anggota KPU sebanyak 7 orang, dan pada Pasal 92 ayat (2) huruf a dinyatakan, bahwa jumlah anggota Bawaslu sebanyak 5 orang.

Mantan Ketua KPU DI Jogjakarta ini juga menyampaikan nama-nama yang diputuskan itu sudah dipertimbangkan dari beragam aspek untuk mencari figur yang akan menjadi pimpinan dua lembaga penyelenggara pemilu.

Tim seleksi berharap nama-nama tersebut akan semakin menjadikan kelembagaan pemilu sebagai sarana memperkuat dan memperbaiki demokrasi. “Harapan kami, nama yang sudah putuskan akan membawa pemilu ke depan semakin baik,” jelasnya. (Ria)

14 Calon Anggota KPU RI

1. August Mellaz
2. Betty Epsilon Idroos
3. Dahliah
4. Viryan
5. Yessy Yatty Momongan
6. Hasyim Asy’ari
7. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi
8. Idham Holik
9. Iffa Rosita
10. Iwan Rompo Banne
11. Mochammad Afifuddin
12. Muchamad Ali Safa’at
13. Parsadaan Harahap
14. Yulianto Sudrajat

Baca juga:   Info BMKG, Cuaca Jakarta Hari ini, Rabu 17 Maret 2021

10 Calon Anggota Bawaslu

1. Aditya Perdana
2. Andi Tenri Sompa
3. Fritz Edward Siregar
4. Herwyn Jefler Hielsa Malonda
5. Lolly Suhenty
6. Mardiana Rusli
7. Puadi
8. Rahmat Bagja
9. Subair
10. Totok Hariyono 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.