Ukir Prestasi, Kabupaten Mitra Raih Nilai Tertingi (SPBE) di Sulut

oleh -6 views

MITRA– Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) kembali mengukir Prestasi. Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri PANRB Nomor 1503 Tahun 2021  tentang Hasil Ebvaluasi SPBE pada K/L/Pemda Tahun 2021, dimana Kabupaten Mitra meraih nilai tertinggi pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) mengungguli Kabupaten / Kota lainnya di Provinsi Sulawesi Utara.

Penilaian ini sendiri telah diselenggarakan Kementerian PANRB  sejak tanggal 23 Agustus – 7 September 202, yang diikuti oleh 507 kementerian, Lembaga Negara, dan Pemerintah Daerah, dan dievaluasi oleh 143 akademisi dari 25 perguruan tinggi di Indonesia.

“Tujuan Evaluasi SPBE ini adalah untuk mendapatkan gambaran secara umum tentang penerapan SPBE pada perangkat Daerah di Kabupaten Minahasa Tenggara, serta memperluas jejaring dan pembinaan penerapan SPBE” ungkap Kepala Bidang e-Government Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Mitra, Susana Altimek, SH.

Sementara, Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi dan Data pada Dinas Komunikasi Statistik dan Persandian Pemkab Mitra, Marthen Solang, mengungkapkan bahwa Evaluasi SPBE ini merupakan proses penilaian terhadap pelaksanaan SPBE di Instansi Pemerintah untuk menghasilkan suatu nilai Indeks SPBE yang menggambarkan tingkat kematangan (maturity level) dari pelaksanaan SPBE di Instansi Pemerintah.

Baca juga:   Bupati James Sumendap Lantik Pj Sekda Mitra

“Ada 4 (empat ) domain penting dalam penerapan SPBE tersebut, yaitu Kebijakan Internal, Tata Kelola SPBE, Managemen SPBE dan Layanan SPBE serta ada 8 Aspek  dan 47 Indikator dalam penilaian” ungkap Marthen Solang.

Lebih lanjut Marthen mengatakan,
upaya peningkatan penerapan SPBE tidak sekadar melakukan penilaian melainkan mendorong pengintegrasian dan keterpaduan dalam menerapkan SPBE yang ke depan akan  mendukung akselerasi percepatan penerapan SPBE yang berbasis Big Data yang mendukung penerapan Satu Data dan  artificial intelligence (kecerdasan buatan).

“Pengoptimalan penerapan SPBE juga dilakukan dengan meningkatkan kesadaran dan komitmen antar perangkat Daerah dalam upaya  untuk  mengoptimalkan penerapan layanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik dan layanan publik berbasis elektronik yang terintegrasi   di Kabupaten Minahasa Tenggara,” tutupnya.

(Tetty)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.