Gunung Awu Sangihe Naik Level Waspada, Bupati Imbau Warga Sekitar Pindah ke Tempat Aman

oleh -234 Dilihat
Gunung Awu Sangihe

BITUNG – Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana memerintahkan kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk segera melakukan koordinasi dengan para camat dan lurah yang wilayahnya masuk zona awas Gunung Awu.

Aktivitas Gunung Awu di Kabupaten Kepulauan Sangihe dari level I (normal) menjadi level II (waspada), Minggu (12/12)

Hal tersebut membuat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana perintahkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk segera melakukan koordinasi dengan para camat dan lurah yang wilayahnya masuk zona awas Gunung Awu.

“Saya sudah memerintahkan kepada Kaban Bencana untuk segera melakukan koordinasi dengan para camat dan lurah yang wilayahnya masuk zona bahaya gunung Awu. Saya juga mengimbau kepada masyarakat yang berada dan tinggal disekitar lereng gunung Awu agar segera berpindah ke tempat yang lebih aman, dan tidak melakukan aktivitas pada radius 1 KM dari puncak gunung,” ucap Gaghana, Minggu (12/12)

Peningkatan level normal Gunung Awu ke level waspada disampaikan Kementrian Energi dan Sumberdaya Mineral RI Badan Geologi, lewat surat nomor : T-474/GL.03/BGL/2021, tanggal 12 Desember 2021.

Surat tersebut diketahui ditujukan kepada Badan Penanggulangan Bencana Nasional, Pemerintah Provinsi Sulut dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, yang bersifat segera.

Tentang Peningkatan Tingkat Aktivitas Gunung Awu, Sulawesi Utara dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada).

Dilansir dari Wikipedia, Gunung Awu adalah gunung dengan jenis stratovolcano yang terletak di Kepulauan Sangihe.

Letusan besar pernah lima kali terjadi pada tahun 1711, 1812, 1856, 1892 dan 1966 yang menyebabkan lebih 8000 orang tewas akibat letusan Gunung Awu.

Gunung Awu dengan ketinggian 1320 mdpl ini berdasarkan catatan sejarah termasuk gunung api yang mempunyai masa istirahat yang panjang. Tetapi setiap letusannya selalu tergolong besar.*

No More Posts Available.

No more pages to load.