10 views

Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi, Solusi Atau Masalah?

oleh -10 views
Rosalinda Mancaan

Oleh : Rosalinda Mancaan, Mahasiswa Universitas Negeri Manado, Fakultas Ekonomi

VIRUS corona atau dikenal dengan dengan covid-19, merupakan hal yang tidak asing lagi terdengar. Penyakit virus corona (covid-19) adalah penyakit menular yang disebabkan coronavirus yang baru ditemukan.

Covid-19 ini mneyerang semua orang tanpa pandang bulu, apakah dia seorang bayi, remaja, orang dewasa maupun lansia semuanya akan terserang penyakit tersebut.

Nah, sebagaimana yang kita ketahui dan dapat kita saksikan langsung bahwa pandemi Covid-19 ini telah menghantam berbagai sekor di Indonesia, bukan hanya sektor ekonomi tetapi juga sektor pendidikan.

Dengan adanya covid-19 ini pemerintah mengambil langkah untuk menyikapi covid-19 ini dengan menerapkan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) dimana mengharuskan masyarakat meminimalisir atau mengurangi kegitan di luar rumah.

Siswa dan mahasiswa dalam pendidkan merupakan bagian dari masyarakat, maka harus mengikuti peraturan pemerintah. Jadi dalam proses pembelajaran saat ini menteri ependidikan ngeluarkan sistem pendidkan baru atau wajah baru dalam pendidikan yakni Pembelajaran Daring.

Baca juga:   Bencana Alam Mengakibatkan Dampak Kerugian Besar Bagi masyarakat

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan secara online tanpa bertatap muka secara langsung dengan menggunakan akses jaringan. Disini yang digaris bawahi adalah apakah pembelajaran daring solusi atau masalah?

Pembelajaran daring saat ini merupakan solusi, ketika tatap muka tidak bisa dilaksanakan. Pembelajaran daring memeng kurang efektif dan juga memiliki masalah, seperti masalah kendala jaringan atau akses jaringan yang kurang bagus, kendala handphone, kendala kuota dan msih banyak masalah lainnya.

Tetapi bagi peserta didik dan juga mahasiswa yang sudah menyadari kebutuhannya tentang ilmu pengetahuan, memahami tanggung jawab, dan sudah siap belajar mandiri maka pembelajaran daring bisa menjadi keuntungan tersendiri.

Mengenai masalah atau kendala, pemerintah dapat membantu yaitu dengan adanya kuota internet gratis. Disamping masalah atau kendala pasti ada solusi atau dengan kata lain masalah selalu berdampingan dengan solusi.

Solusi atau masalah pembelajaran daring ini adalah tergantung dari bagaimana kita menyikapi dan menjalaninya. Dari pengalama penulis yang saat ini adalah seorang mahasiswa, setiap masalah pasti ada sisi baiknya juga. Setiap orang pasti memiliki kemampuan dan bakat yang berbeda-beda.

Baca juga:   Inovasi Dalam Perkembangan Teknologi Handphone

Jadi kita sebagai seorang pelajar di masa pandemic ini harus menjani dan mengikut pembeajaran daring sebagimana mestinya. Marilah kita menjadikan pembelajaran daring sebagai solusi untuk mengatasi masalah pandemi saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.