6 views

Dampak Positif dan Negatif Dari Permainan Game Online

oleh -6 views
Lola Violin Sengka

Essay Karya : Lola Violin Sengka, Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Manado

GAME online merupakan hal yang paling banyak digemari oleh semua orang dari berbagai kalangan. Sesuai dengan perkembangannya, bermain game kini pun sudah menjadi semacam hobi yang dilakukan oleh kaum muda sampai tua.

Apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 ini, game online menjadi salah satu pilihan hiburan bagi masyarakat karena game online dapat menjadi teman disaat keadaan sedang bosan atau boring selama berada dirumah.

Game online sangat berkembang pesat akhir-akhir ini. Aplikasi game online yang saat ini paling banyak diminati, yaitu Mobile Legends: Bang-Bang, PUBG Mobile, Free Fire, dan lain-lain.

Cara bermain game online ini sangat berbeda dengan permainan tradisional yang lebih banyak mengandalkan tenaga untuk memainkannya.

Game online ini justru cenderung menggunakan kemampuan otak untuk berpikir, serta kelincahan tangan terutama jari-jemari dalam mengotak-atik permainan.

Baca juga:   Pesona Tempat Wisata di Tomohon Sulawesi Utara

Kehidupan sekarang ini game online digunakan dengan berbagai variasi. Ada yang hanya bermain untuk seru-seruan, ada yang bermain untuk mencari uang (penghasilan), sampai ada yang mengadakan turnamen game online. Hal-hal seperti ini memberikan tantangan tertentu bagi penggemar online.

Namun, kalian juga harus tahu bahwa bermain game online memiliki dampak bagi pemainnya. Mulai dari sisi positif maupun dari sisi negatifnya.

Dampak positif dari bermain game online adalah :

Mengurangi stress.
Membuat pola pikir semakin cepat.
Mendapat teman baru dari berbagai daerah bahkan negara dan bersosialisasi tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Melatih kesabaran.

Meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Karena kebanyakan jenis game yang diminati berasal dari luar negeri, sehingga harus belajar arti dari bahasa dalam game agar lebih mudah memahami game tersebut.

Selain beberapa dampak positif diatas, bermain game juga memiliki dampak negatif apalagi kita tidak berhati-hati menggunakannya, antara lain :

Baca juga:   Attention Deficit Hyperactivity Disorder

Membuat seseorang menjadi malas karena merasa lelah setelah berlama-lama bermain game.

Kurang tidur karena terlalu asyik bermain game. Ini juga bisa mengganggu kesehatan tubuh kita.

Radiasi yang membuat mata kurang sehat
Terkadang membuat seseorang melalaikan tugas dan kewajiban baik itu di rumah, sekolah, kampus atau tempat kerja.
Boros kuota/paket data dan menghabiskan uang untuk membeli item-item yang ada di game.

Itulah beberapa dampak positif dan negatif dari bermain game online. Bisa disimpulkan bahwa game online ini bisa dimanfaatkan sebagai hiburan selama masa pandemi yang mengharuskan kita melakukan semua hal dirumah.

Tetapi tidak dilakukan secara berlebihan karena akan berdampak buruk seperti dampak negatif yang telah disebutkan diatas. Lakukan saja disaat waktu senggang, tanpa harus menjadikan game online ini menjadi kegiatan utama kita.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.