Pembunuhan Berencana Bos Besi Tua, Berhasil Diungkap Direskrimum Polda Kepri dan Polresta Tanjungpinang

oleh -16 views

BATAM — Kasus pembunuhan berencana terhadap pengusaha besi tua di Tanjungpinang berhasil diungkap Subdit III Ditreskrimum Polda Kepri dan Satreskrim Polresta Tanjungpinang.

Diungkapkan Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt didampingi Dirkrimum Polda Kepri Kombes Pol Jefri Siagian SIK, dan Kapolresta Tanjungpinang AKBP Fernando, pembunuhan berencana ini terjadi karena sakit hati lantaran tersangka tidak dipinjamkan uang oleh bos nya.

“Sakit hati karena tidak dipinjamkan uang, pria berinisial ZU (27) yang dibantu oleh rekannya berinisial AR (45), nekat membunuh korban bernama Zainuddin yang adalah pengusaha besi tua asal Tanjungpinang,” kata Harry, Rabu (29/9/2021) di Lobby Ditreskrimum Polda Kepri.

Hal ini menyebabkan tersangka ZU, kerap meminta uang kepada korban, namun dalam upaya terakhir peminjaman uang, korban menolak permintaan tersangka.

“Tersangka merupakan salah satu pekerja dan merupakan orang kepercayaan dari korban. Tersangka juga sering meminjam uang kepada korban,” bebernya.

Baca juga:   Ayah Korban Melapor, Team URC Totosik Bekuk Pelaku Dugaan Tindak Pidana Persetubuhan Anak

Adapun peristiwa ini terjadi Minggu (5/9/2021) Pukul 11.00 Wita di kilometer 20 Kijang, Bintan. Sebelum pembunuhan terjadi, tersangka mengaku mengajak korban untuk menuju daerah Kijang, dikarenakan antara tersangka dan korban memiliki janji untuk membeli sesuatu di daerah tersebut.

“Namun dalam perjalanan, tersangka ZU yang berada disamping korban meminta korban untuk memberhentikan kendaraannya di KM 20,” ujarnya.

Saat tiba dilokasi, tersangka ZU kemudian memberikan sinyal kepada tersangka AR yang duduk tepat dibangku belakang korban. Mendapatkan sinyal tersebut, tersangka AR kemudian langsung menjerat leher korban dengan menggunakan tali yang telah dipersiapkan sebelumnya.

“Awalnya sebelum pertemuan terakhir, tersangka ZU ini memang sudah merencanakan dan mempersiapkan tali yang akan mereka digunakan untuk membunuh korban,” ungkapnya.

Berhasil membuat korban hingga tidak bernafas, kedua tersangka lalu memindahkan korban ke bagian belakang mobil, dan membawa kendaraan korban ke KM 58 Bintan guna mencari lokasi untuk menguburkan jenazahnya.

Baca juga:   Berselang 20 Menit, Tim Totosik Polres Tomohon Tangkap Pelaku Keributan di Perum Griya Bangun Lestari Dua

Selanjutnya, kedua tersangka akhirnya memilih lahan kosong di sekitar Tower SUTT, sebagai lokasi penguburan jenazah korban. “Tapi sebelum menguburkannya, kedua tersangka mengambil uang sebesar Rp9 juta yang ada di kantong korban,” paparnya.

Kemudian kedua tersangka membawa mobil korban ke lokasi Danau Biru di kawasan Bintan, guna menghilangkan barang bukti, dengan cara menenggelamkannya ke Danau tersebut.

“Sebelum ditenggelamkan, para tersangka mengambil uang sebesar Rp 200 juta dibagian dashboard mobil, dan juga mengambil ATM dari dompet korban yang tertinggal di dalam mobil,” terangnya.

Adapun peristiwa ini terungkap saat salah satu kerabat korban, melaporkan tindakan korban yang tidak kembali ke kediamannya sejak (5/9/2021) lalu.

Laporan ini diterima oleh Mapolresta Tanjungpinang pada Rabu (8/9/2021) lalu, dimana dalam laporan yang diterima pihak Kepolisian, korban diketahui terakhir kali terlihat bersama kedua tersangka.

“Tapi saat penyelidikan kedua tersangka. Diketahui bahwa mereka telah berada di luar Kepri yakni tersangka AK berada di Indragiri Hulu, dan tersangka ZU ada di Indragiri Hilir,” ungkapnya.

Baca juga:   Intenet Desa Menuju Penuntasan, Alasan Sakit Kadis PMD Sangihe 'Mangkir' dari Panggilan Tim TiPiKor Polres Sangihe

Guna mengamankan kedua tersangka ini, pihak Polresta Tanjung Pinang akhirnya meminta bantuan Subdit Jatanras Polda Kepri, hingga akhirnya berhasil mengamankan kedua tersangka Kamis (23/9/2021). “Kedua tersangka berhasil kita amankan, dan saat ini kita akan lakukan penyidikan lebih lanjut,” tukasnya.

Artikel ini sebelumnya telah terbit di Mata Kepri.com dengan Judul Lantaran Sakit Hati, Pengusaha Besi Tua Di Tanjungpinang Dibunuh Anak Buah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.