Tingkatkan Potensi Produk Artisan dan Wisata, Kemendag RI Luncurkan BBI dan BWI

oleh
Pelaksanaan launching peluncuran BBI dan BWI #Pelangisulawesi.

MINUT – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfimengajak kementerian dan lembaga terkait, pemerintah daerah, dan seluruh elemen masyarakat untuk mendukung kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Wisata Indonesia (BWI). Ajakan ini sekaligus menandai peluncuran Gernas BBI dan BWI di Sulawesi Utara dengan tema “Dari Sulawesi Menuju Mancanegara” yang dipopulerkan dengan tagar #PelangiSulawesi.

Peluncuran Gernas BBI di wilayah Sulawesi,  dilaksanakan  di Likupang, yang merupakan salah satu destinasi wisata super prioritas

Hadir dalam acara tersebut, Menteri KoordinatorBidang Kemaritiman danInvestasi Luhut Binsar Pandjaitan, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Ketua Bidang Daya Saing Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Bianca Lutfi, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan para pelaku UMKM Sulawesi.

“Kampanye Gernas BBI dan BWI #PelangiSulawesi, merupakan upaya memperluas cakupan pasar dan meningkatkan kualitas, serta daya saing produk artisan usaha mikro, kecil, dan menengah
(UMKM) Sulawesi,” jelasnya.

Baca juga:   Sorot Capaian Vaksinasi, Senator Liow: Saya Sudah Dua Kali Vaksin

Sulawesi Utara sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas diharapkan
dapat menghasilkan banyak UMKM yang on boarding di ranah digital,” kataMendagLutfi.

Mendag Lutfi juga mengungkapkan, sebagai bentuk dukungan kepada pelaku UMKM, Kementerian Perdagangan akan membangun pusat jajanan kuliner dan cinderamata di daerah destinasi super prioritas Likupang. Hal itu sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk memajukan
Likupang dan menaikkan taraf perekonomian masyarakat sekitar.

Menurut Mendag Lutfi, Sulawesi sudah telah lama dikenal akan potensi sumber daya alamnya. Selain itu, Sulawesi jugamemiliki sejarah perdagangan yang cukup panjang.

“Masyarakat Bugis, Sulawesi Selatan juga terkenal atas keberhasilannya membangun jaringan perdagangan ke
seluruh wilayah nusantara dan mancanegara. Semangat dan kegigihan berdagang masyarakat Sulawesi inilah yang patut kita tiru dan menjadi inspirasi,” imbuh Mendag Lutfi.

Mendag Lutfi juga mengapresiasi kolaborasi pemerintah pusat, pemerintah daerah, PT Angkasa Pura, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Indonesian E-Commerce Association (iDEA), Bank BNI, dan Mahaka Group yang telah bekerja sama menyukseskan Gernas BBI Pelangi Sulawesi.

Baca juga:   Pria Tua Kurus Kering Diletak Anak Perempuannya dalam Kerangkeng Diselamatkan Polisi.
Launching Pelangi Sulawesi secara Virtual.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan pihak-pihak terkait. Ke depan, kami terus mengharapkan dukungan dan partisipasi penuh dari kita semua untuk menjadi pahlawan di negeri sendiri dengan membeli dan memakai produk buatan Indonesia. Kita harus bangga buatan Indonesia,” jelas Mendag Lutfi.

Sementara, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan, ekonomi nasional ditunjang oleh UMKM.

“Ke depan, diharapkan pelaku UMKM Sulawesi Utara dapat naik kelas dan masuk dalam ekosistem digital. Sehingga, Provinsi Sulawesi Utara dapat berkontribusi secara signifikan untuk mencapai target Gernas BBI dan BWI,” kata Luhut.

Begitun pun Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyampaikan apresiasi kerja sama pemerintah pusatdan daerah yang terus mendukung produk-produk lokal melalui digitalisasi UMKM.

“Bank Indonesia juga senantiasa mendukung langkah yang dilakukan Kementerian Perdagangan menggiatkan Gernas BBI dan BWI. Bank Indonesia ikut berpartisipasi mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional, salah satunya melalui digitalisasi sistem pembayaran,” kata Perry.

Baca juga:   Gunung Agung Kembali Meletus, Semburan Abu Setinggi 2 Kilometer

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.