Kapal Siluman Tercanggih di Dunia, Ini Keunggulan KRI Golok-688

oleh

JAKARTA – Kapal Republik Indonesia (KRI) Golok-688 produksi PT. Lundin Industry Invest dilaunching Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono, di Pantai Cacalan, Selat Bali, Banyuwangi, Jawa Timur, pada Sabtu 21 Agustus 2021.

Kapal ini diklaim sebagai kapal siluman tercanggih di dunia dengan kelengkapan persenjataan rudal modern.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Kasal Laksamana Yudo mengatakan, KCR Trimaran yang diberi nama KRI Golok-688 ini merupakan produk kapal pertama yang terbuat dari bahan composite yang memiliki keunggulan kekuatan spesifik yang tinggi.

KRI Golok-688

Dengan bahan composite, kapal ini punya banyak keunggulan, antara lain tidak mudah terdeteksi oleh radar musuh.

Kapal itu juga lebih ringan, serta mempunyai ketahanan lelah dan ketahanan korosi yang sangat baik.

Oleh karena itu, kapal ini dapat dijadikan desain pengembangan sebagai prototipe kapal trimaran.

Ia mengatakan filosofis dari pemberian nama kapal ini adalah hendaknya KRI Golok-688 dapat digunakan untuk melaksanakan setiap tugas operasi yang diberikan, baik Operasi Militer untuk Perang (OMP), maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Dengan kecepatan yang tinggi dan daya hancurnya yang besar kapal ini diharapkan akan mampu melaksanakan taktik kapal cepat rudal yaitu hit and run,” ujar Laksamana Yudo dalam pernyataannya, pada Minggu (22/8/2021).

Ia mengungkapkan bahwa pembangunan kapal KCR Trimaran ini tentunya memiliki makna yang sangat strategis bagi PT. Lundin Industry Invest sebagai salah satu industri pertahanan nasional yang telah berhasil dalam pengembangan teknologi industri pertahanan untuk kepentingan nasional yang mampu menjadi solusi dalam upaya mengurangi ketergantungan dari negara lain terkait pengadaan Alutsista TNI Angkatan Laut di masa mendatang. (***)


Baca juga:   BMKG : Waspada! Peringatan Dini Cuaca Ekstrim Besok, Sabtu 20 Maret 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.