Viral! Uang Logam Rp 1.000 Dijual Rp 300 Juta, Begini Tanggapan Bank Indonesia

oleh
Heboh uang Rp 1000 logam dijual dengan harga fantastis

MANADO – Warganet +62 saat ini sedang ramai membahas yang uang logam Rp 1.000 bergambar kelapa sawit.

Pasalnya viral di media sosial uang logam Rp 1.000 bergambar kelapa sawit tersebut dijual dengan harga fantastis hingga Rp 300 juta.

Dilansir dari Kompas uang logam yang dijual di marketplace tersebut tidak hanya satu, tapi ada setidaknya 13 uang logam Rp 1.000 bergambar kelapa sawit yang dijual dengan harga ratusan juta.

Uang-uang tersebut dalam kondisi bekas pakai dari berbagai daerah di Indonesia.

Bagaimana tanggapan Bank Indonesia terkait uang logam yang dijual dengan harga selangit?

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Junanto Herdiawan mengatakan, uang pecahan Rp 1.000 bergambar kelapa sawit masih berlaku saat ini.

Oleh karena itu, nilainya sesuai dengan yang tertera pada uang tersebut.

“Uang pecahan Rp 1.000 tahun emisi 1993 bergambar kelapa sawit kan saat ini masih dinyatakan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI sepanjang belum dicabut/ditarik dari peredaran, kalau uang berlaku, nilainya ya sesuai yang tertera,” ujar Junanto

Baca juga:   Gadis 15 Tahun Pemeran Video Open BO Rp200 Ribu, Mengaku Ketagihan Seks, Bisa Berhubungan Badan Dengan 5 Pria Berbeda

Selain itu, kata Junanto, Bank Indonesia tidak melakukan jual beli uang yang dimaksud.

BI melayani penukaran uang yang telah dicabut dan ditarik dari peredaran dengan mendapatkan penggantian/penukaran sebesar nominal uang ditukarkan, senilai yang tertera.

Sementara melalui akun Twitter-nya, Bank Indonesia menjelaskan, jika masyarakat membeli uang tersebut untuk koleksi (bukan transaksi), maka harga uang logam ini bergantung pada kesepakatan pembeli dan penjual.

Penegasan lainnya, karena uang logam pecahan Rp 1.000 belum ditarik dari peredaran, maka nilai tukarnya untuk bertransaksi masih sama dengan nominalnya. (GIW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.